Loading...

Alasan dan Tujuan Facebook Membeli Instagram

Tak puas dengan total jumlah penggunanya yang saat ini telah mencapai 850 juta orang, Facebook beberapa waktu yang lalu mengumumkan tentang pembelian Instagram senilai $1 miliar atau bila dirupiahkan adalah sekitar Rp 9,1 trilun.

Instagram adalah sebuah aplikasi gratis yang awalnya ditujukan untuk pengguna iOS yang fungsi utamanya sebagai tempat untuk mengupload foto-foto.

Fungsi dan kegunaan Instagram tidak hanya untuk berbagi foto saja, melainkan juga untuk menyunting foto-foto yang memiliki 16 efek yang dapat digunakan untuk menyunting foto. Dengan aplikasi Instagram, foto-foto Anda dapat diunggah melalui jejaring sosial seperti facebook, twitter, foursquare, flickr, dan juga posterous.

Langkah yang diambil oleh Facebook ini merupakan proses transaksi yang paling besar disebabkan selama ini mereka tidak pernah membeli tim sebesar Instagram.

Secara popularitas, aplikasi Instagram memang fenomenal. Dengan hanya mengandalkan tujuh orang pekerja, mereka mampu menyihir banyak pengguna perangkat Apple, dan juga Android.

Sehari pasca diluncurkan untuk Android beberapa minggu lalu, aplikasi ini bahkan sudah diunduh 1 juta kali. Aplikasi versi iPhone-nya sendiri sudah digunakan lebih dari 27 juta pengguna di dunia.

1. Demi Pekerja berbakat

Dengan jumlah awak sedikit, Instagram sanggup merebut hati 30 juta pengguna dalam satu tahun saja. Mereka salah satu contoh sukses startup dengan komposisi pegawai ramping. Pendiri Clearly Kevin Systrom dan rekan rekannya dinilai berbakat dan bisa jadi manfaat untuk Facebook.

2. Demi Teknologinya

Spekulasi beredar kalau Facebook akan meluncurkan aplikasi berbagi foto versi mereka sendiri. Photo-sharing atau fitur berbagi foto merupakan kunci pertumbuhan Facebook di awal pertumbuhannya. Namun khusus untuk produk mobile (bergerak), mereka masih lemah. Membeli aplikasi yang sudah popular lebih mudah ketimbang membangun dari awal.

3. Menjaring lebih banyak pengguna

Facebook adalah produk yang menjual iklan untuk menghasilkan uang. Dan untuk menjual iklan Facebook butuh banyak ‘mata pengguna’ melihat mereka. Instagram memiliki sekitar 30 juta pengguna, terutama di Amerika Serikat dan Eropa Barat. Kedua wilayah itu popularitas Facebook belakangan merosot.

Meski kini Instagram telah diakuisisi secara penuh oleh Facebook, namun Instagram tidak akan dilebur begitu saja ke dalam Facebook. Demikian janji Mark Zuckerberg, pendiri dan CEO Facebook.

Yang akan dilakukan Facebook adalah menggali kelebihan Instagram dan menerapkannya dengan fitur serupa di Facebook. Sementara Instagram dapat memanfaatkan kekuatan teknik dan infrastruktur yang dimiliki Facebook untuk tumbuh lebih besar.

loading...
Loading...
Alasan dan Tujuan Facebook Membeli Instagram | lawas | 4.5