Loading...

Agar Rem Tromol Sepeda Motor Lebih Kencang Mencengkram

Sistem pengereman merupakan bagian yang paling penting bagi sebuah kendaraan bermotor. Fungsi rem pada sepeda motor maupun kendaraan lainnya adalah untuk menurunkan kecepatan sepeda motor baik saat motor sedang melaju kencang ataupun saat hendak menghentikan laju dari sepeda motor. Pada sepeda motor, ada dua jenis sistem pengereman, yaitu rem cakram dan rem tromol.

Rem cakram adalah sistem perangkat pengereman yang menggunakan piringan cakram yang kemudian akan ditekan atau dijepit oleh kanvas untuk menghentikan laju dari kendaraan. Adapun rem tromol adalah jenis sistem pengereman yang menggunakan tromol yang kemudian akan ditekan oleh kanvas untuk menghentikan laju sepeda motor.

Karena begitu pentingnya fungsi dari rem, maka kita harus selalu melakukan perawat secara rutin agar rem bisa berfungsi secara maksimal ketika digunakan, baik pada rem cakram ataupun rem tromol.

Biasanya, ketika rem tromol sudah terlalu lama digunakan, maka fungsi dari rem tromol akan berkurang. Selain karena kotoran, bisa juga diakibatkan karena kampas rem yang sudah mulai terkikis. Nah, ada cara mudah yang bisa coba dilakukan untuk membuat rem tromol motor Anda semakin mantap.

Yang pertama, buka as roda dan baut yang terhubung dengan tromol. Kemudian, secara perlahan lepaskan dudukan kampas rem dan tromol. Selanjutnya anda bisa membersihkan tromol menggunakan angin bertekanan tinggi, namun apabila tidak ada bisa juga cukup dengan menggunakan kain lap yang bersih.

Untuk langkah selanjutnya adalah lepas dan rendam kampas rem dengan air biasa hingga meresap. Setelah itu keringkan dengan panas matahari. Pasang kembali kampas ke dudukan rem, lalu oleskan sabun colek pada tromol dan kampas rem. Dijamin, rem tromol sepeda motor anda akan mencengkram lebih kuat dan mantap.

loading...
Loading...
Agar Rem Tromol Sepeda Motor Lebih Kencang Mencengkram | akbar | 4.5