Loading...

Agar Maksimal Manfaatnya, Inilah Waktu yang Tepat Makan Buah

Meski buah merupakan makanan alami yang menyehatkan, namun makan buah ternyata tidak boleh sembarang. Kenapa? Karena makan buah di waktu yang tepat akan memaksimalkan khasiat dan manfaat dari buah yang dikonsumsi tersebut.

Banyak orang yang makan buah setelah makan, baik itu makan pagi, makan siang ataupun makan malam. Banyak juga orang tua yang melarang anaknya makan buah sebelum makan, karena mereka mengganggap bahwa konsumsi buah dalam keadaan perut kosong atau sebelum diisi dengan makanan berat merupakan hal yang menyalahi aturan pola makan karena akan berdampak tidak baik bagi tubuh semisal bisa menyebabkan sakit perut. Apakah anggapan tersebut tepat dengan aturan konsumsi kebutuhan gizi yang benar?

Ternyata makan buah-buahan juga ada aturan mainnya. Buah-buahan kaya akan serat dan berbagai macam vitamin. Konsumsi buah harus mengikuti pola makan yang baik dan pada waktu yang tepat. Namun tidak banyak orang yang tahu kapan waktu makan buah yang benar, sebelum makan ataukah sesudah makan?

Adapun waktu terbaik untuk makan buah-buahan adalah saat pagi hari setelah minum segelas air. Makan buah-buahan setelah makan bukanlah waktu yang tepat. Karena, buah tidak akan bisa dicerna dengan baik, nilai nutrisi dalam buah juga tidak bisa diserap baik oleh tubuh.

Kalaupun ingin menikmati buah setelah makan, sebaiknya berikan jeda waktu sekitar satu atau dua jam setelah makan. Jika menderita diabetes atau masalah pencernaan seperti asam lambung, idealnya harus makan buah satu jam sebelum atau dua jam sesudah makan.

Menurut Dr. Dina Keumala Sari, M. Gizi, SpGK, seperti yang dikutip dari Sumut Pos, mengkonsumsi buah jangan setelah makan, seperti makan pagi, siang atau malam. Makan buah bisa dilakukan sekitar 1-2 jam setelah makan, karena terjadi kompetisi antara protein dalam penyerapannya nanti.

Ketika cuaca sedang panas, konsumsilah buah yang kaya akan kandungan air seperti semangka, jeruk dan melon karena bisa mencegah dehidrasi. Selain memiliki kandungan air dan seratnya yang cukup tinggi, buah-buahan tersebut juga bermanfaat sebagai anti oksidan. Jadi sangat baik jika dikonsumsi setiap hari.

loading...
Loading...
efek samping rebung, efek samping buah matoa, cara makan buah mentega, apakah buah kelengkeng baik untuk ibu menyusui, makan semangka setelah makan obat, manfaat buah kemiri untuk pria, cara makan buah bisbul, manfaat makan empedu biawak, onani saat sahur, cara makn buah siwalan, bolehkah minum tolak angin sebelum makan, ibu hamil makan kuini, apakah ibu hamil boleh makan mangga kweni, makan kuini atau mangga saat awal kehamilan, penderita tb makan sate, manfaat buah kuini bagi ibu hamil, kelengkeng untuk ibu menyusui, jarak minum obat setelah makan durian, manfaat buah kelengkeng untuk ibu menyusui, bolehkah minum obat setelah makan buah mangga, bahaya makan buah matoa, efek samping makan buah srikaya, bahaya makan buah langsat, apa boleh minum tolak angin sebelum makan, bolehkah ibu menyusui makan buah kelengkeng, ibu hamil makan mangga kweni, aturan minum buah gorek, efek buah mentega bagi ibu hamil, apakah semangka menyebabkan batuk, apakah hamil muda boleh makan mangga kuweni???

Agar Maksimal Manfaatnya, Inilah Waktu yang Tepat Makan Buah | lawas | 4.5