Loading...

Agar anak tidak cabe-cabean, orangtua harus lakukan hal ini

Cabe-cabean memang menjadi salah satu fenomena yang cukup memprihatinkan. Istilah cabe-cabean identik dengan remaja perempuan yang masih duduk di bangku SMP-SMA namun sering keluyuran malam, nongkrong di tempat balap motor liar dan menjadi ‘hadiah’ bagi cowok yang menang balapan. Tentu saja hal ini akrab dengan pergaulan bebas seperti free sex, narkoba dan minuman keras.

Agar anak perempuan anda terhindar dari fenomena cabe-cabean, orangtua memiliki peran penting dalam memberikan andil sehingga anak tidak terjerumus dari pergaulan yang salah tersebut , seperti berikut ini:

Pola asuh

Janga pernah mengekang anak, karena semakin dikekang dia akan semakin memberontak. Berikan ia pengertian dan kebebasan namun tetap bertanggung jawab. Jangan lupa untuk tetap menjalin komunikasi dan jadikan diri anda sebagai sahabatnya sehingga anak juga akan terbuka pada anda.

Pengawasan

Sebagai orangtua memang sudah seharusnya kita mengawasi pergaulan anak. Cari tahu dengan siapa dia bergaul dan apakah teman-temannya itu akan menjerumuskannya pada hal-hal negatif atau tidak. Memantau lingkungan pergaulan anak tentu akan meminimalisir kemungkinan anak menjadi cabe-cabean, namun jangan terlalu agresif untuk mengecek pergaulannya sehingga anak merasa tdak nyaman.

Berikan wadah

Remaja adalah makhluk yang sedang tumbuh untuk mencaritahu jati dirinya. Karena itu jika ia memiiki keinginan untuk mencoba sesuatu hal yang baru dan positif seperti dalam bidang seni dan olahraga, tentu akan menjad penyaluran yang baik ketimbang menjadi cabe-cabean. Para remaja haruslah memiliki wadah yang tepat untuk menyalurkan energinya.

Jam belajar

Cabe-cabean terjadi karena banyaknya remaja yang menggunakan jam malamnya bukan untuk hal yang positif, seperti belajar misalnya. Karena itu cobalah untuk mengingatkan anak tentang kewajibannya sebagai pelajar dan juga berikan jam malam padanya. Jika memang harus keluar malam, pastikan dengan siapa ia akan pergi.

Stop kekerasan

Apakah anda orangtua yang sering melakukan tindak kekerasan di rumah? Kekerasan hanya akan membuat anak keluar dan mencari pelampiasan pada hal lain. Dan ketahuilah bahwa biasanya ia akan terjerumus pada hal-hal yang cenderung negatif.

Itulah 5 cara yang dapat dilakukan orangtua agar anaknya tidak menjadi cabe-cabean. Semoga bermanfaat.

 

loading...
Loading...
Agar anak tidak cabe-cabean, orangtua harus lakukan hal ini | akbar | 4.5