Loading...

9 Penyakit yang Sering Menyerang Saat Musim Penghujan

Musim hujan membuat udara menjadi lebih dingin. Pada akhirnya hal ini bisa menyebabkan menurunnya sistem kekebalan tubuh seseorang. Karena itu tidak mengherankan bila seseorang bisa menjadi lebih rentang mengalami sakit kala musim penghujan datang.

Udara yang dingin, genangan air yang ada dimana-mana membuat banyak bakteri dan kuman penyakit bisa tumbuh dengan lebih cepat. Apalagi ditambah dengan daya sistem tubuh yang melemah membuat seseorang lebih rentan terserang penyakit.

Nama Penyakit yang Sering Menyerang Saat Musim Penghujan

Saat musim penghujan, ada banyak jenis penyakit yang mengancam kesehatan. Beberapa penyakit yang mudah menyerang saat musim hujan tiba diantaranya adalah:

1. Flu
Flu adalah penyakit menular yang wajib diwaspadai. Penyakit ini disebabkan karena virus yang mudah berpindah ke tubuh orang lain, terutama di saat musim hujan.

2. Batuk
Sakit tenggorokan dan batuk menjadi satu paket penyakit yang kerap dihadapi seseorang selama musim hujan. Hal itu disebabkan oleh virus menular. Agar tak terjadi demikian, Anda harus minum teh hijau karena membantu membangun sistem kekebalan tubuh dan melawan virus berbahaya.

3. Meriang
Pada musim hujan, meriang adalah penyakit umum dialami setiap orang. Karenanya terjadi perubahan cuaca dan penurunan suhu, sehingga menyebabkan sistem kekebalan menurun.

Untuk menghindarinya, jaga pola makan Anda setiap hari. Perbanyak konsumsi makanan yang bersifat menghangatkan tubuh untuk menjaga kestabilan kekebalan tubuh.

4. Diare
Diare disebabkan oleh makanan yang terkontaminasi bakteri atau parasit. Seringkali diare disebut sebagai keracunan makanan. Saat terserang diare, penderita dianjurkan untuk minum air hangat, mengonsumsi makanan lunak, hingga kondisi mulai membaik.

5. Tifus
Gejala sakit tifus ditandai dengan nemam berkepanjangan dan berlangsung selama lebih dari lima hari, disertai dengan sakit kepala, diare, dan sakit perut. Biasanya bakteri ini menyebar melalui makanan dan air yang terkontaminasi, jelas dr Saraf.

6. Leptospirosis
Leptospirosis atau kencing tikus adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri leptospira yang biasanya terdapat pada kotoran hewan dan menular ke manusia melalui air dan tanah. Bakteri ini dengan mudah berkembang biak pada lingkungan yang becek, berlumpur, dan kotor.

7. Malaria
Nyamuk spesies tertentu bisa menyebabkan penyakit malaria. Nyamuk ini berkembang biak di air kantor. Biasanya pasien mengalami gejala sakit badan, menggigil, hingga berkeringat. Dalam beberapa kasus, malaria bisa menyebabkan sakit kuning, anemia berat, penyakit liver, hingga gagal ginjal.

8. Chikungunya
Chikungunya adalah penyakit yang disebabkan oleh virus cikungunya, yang juga ditularkan ke manusia oleh nyamuk aedes aegypti. Gejala chikungunya misalnya adalah demam mendadak, nyeri pada persendian terutama sendi lutut, pergelangan, jari kaki dan tangan serta tulang belakang.

9. Hepatitis A
Virus hepatitis A bisa menyebar melalui makanan dan air yang terkontaminasi. Gejala hepatitis A antara lain nyeri sendi, kehilangan nafsu makan, demam, mual dan muntah, hingga sakit seluruh badan.

loading...
Loading...
9 Penyakit yang Sering Menyerang Saat Musim Penghujan | akbar | 4.5