Loading...

9 Cara untuk membuat rumah anda tetap hangat saat musim hujan

Hujan yang tiada henti ketika musim hujan datang menyebabkan udara dan cuaca menjadi terasa sangat dingin, tak terkecuali di rumah. Karena itu, tak jarang orang yang membeli heater atau pemanas ruangan untuk mencegah hawa dingin selama musih hujan. Meski terlihat praktis, namun penggunaan pemanas ruangan ternyata bukanlah cara yang efektif untuk membuat rumah menjadi hangat karena akan memberikan dampak lain, yaitu menyebabkan pemborosan pengeluaran bulanan anda.

Ada cara yang lebih praktis untuk menghangatkan rumah tanpa harus menggunakan penghangat ruangan. Berikut ulasan lengkapnya :

1. Tutuplah semua jendela rumah anda. Apalagi jika hujan yang turun disertai dengan angin besar dan badai, pastikan semua jendela rumah dalam keadaan terkunci.

2. Pasang tirai di jendela rumah anda. Penggunakan tirai di jendela rumah bermanfaat untuk menahan udara dingin yang masuk ke rumah. Selain menggunakan tirai, anda juga bisa menutupi jendela dengan lembaran plastik bening untuk mencegah udara dingin masuk rumah.

3. Tutup semua pintu rumah anda. Periksa sekitar kunsen pintu dan bagian bawah pintu. Pastikan tidak ada celah untuk udara dingin masu ke rumah anda.

4. Pindahkan barang-barang seperti tanaman, atau apa saja yang bisa menghalangi cahaya masuk ke dalam rumah anda. Anda bisa memindahkannya kembali nanti ketempat semula pada malam hari.

5. Tutup semua ruangan yang tidak terpakai. Pintu yang tertutup membuat ruangan dir rumah anda menjadi lebih hangat.

6. Gunakan karpet untuk alas rumah anda. Lantai yang menggunakan karpet bisa membantu mencegah hilangnya panas melalui permukaan lantai rumah. Umumnya lantai karpet lebih terasa hangat dibanding lantai kayu atau batu.

7. Nyalakan lilin. Sebuah lilin bisa menghasilkan panas untuk memberita tambahan kehangatan di rumah anda. Hanya saja, anda harus lebih sedikit waspada. Jangan pernah anda meninggalkan lilin yang dalam keadaan masih menyala. Sleain itu, jauhkanlah barang-barang yang mduah terbakar dari sekitar llilin yang menyala tersebut.

8. Nyalakan lampu rumah anda. Rata-rata bola lampu pijar melepaskan 95 persen dari energi panas. Yang artinya ini bisa menjadi salah satu sumber panas yang efisien untuk rumah anda.

9. Jika anda sedang nonton tv atau bersantai bersama keluarga selama musim hujan, pilihlah ruangan yang kecil untuk bersantai. Ruangan yang kecil akan membatasi hawa panas yang keluar dari tubuh anda maupun tv hilang percuma karena hanya akan mengalir disekitar sehingga tidak terbuang percuma, sehingga anda pun tidak akan mengalami kedinginan.

loading...
Loading...
cara membuat penghangat ruangan rumah, cara membuat pemanas ruangan sendiri, cara membuat pemanas ruangan, cara membuat penghangat ruangan, membuat penghangat ruangan sederhana, cara membuat penghangat ruangan sendiri, cara menghangatkan suhu kamar

9 Cara untuk membuat rumah anda tetap hangat saat musim hujan | akbar | 4.5