Loading...

8 Tips hidup sehat untuk penderita lupus

Lupus adaah suatu penyakit yang membuat penderitanya mengalami gangguan sistem imun. Bahkan, tubuh akan menganggap jaringan tubuh sebagai benda asing. Gejalanya berupa kulit merah, rambut rontok, nyeri otot dan sendi, serta sariawan. Lupus juga dapat menimbulkan penurunan kualitas hidup pasien.

Kendari demikian, para penderita lupus tetap dapat menjalani hidup sehat dengan cara berikut:

1. Tidak merokok
Asap rokok dapat mempercepat dan memperburuk gejala lupus. Hindari asap rokok baik sebagai perokok aktif maupun pasif saat Anda tediagnosis memiliki lupus.

2. Rutin berolahraga
Olahraga akan menyehatkan fisik dan mental. Aktivitas ini juga dapat melindungi jantung, mencegah osteoporosis, meningkatkan kekuatan otot, serta mengurangi stres. Namun, pasien lupus harus melakukan jenis olahraga yang cocok dengan kondisi fisik.

3. Konsumsi makanan yang sehat
Pilihlah makanan dari jenis buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan ikan. Selain itu, salah satu makanan yang harus dihindari adalah makanan yang mengandung alfafa, yaitu asam amino dalam kecambah dan biji yang bisa memicu peradangan.

4. Cukup tidur
Tidur tujuh jam setiap malam dan istirahat cukup akan mengurangi kelelahan. Selain itu, hindari mengonsumsi makanan dekat dengan waktu tidur.

5. Hindari infeksi
Obat-obatan tertentu untuk pasien lupus bisa membuat pasien lebih rentan terkena infeksi. Cuci tangan dengan sabun dan air hangat agar tidak terjangkit bakteri atau virus. Hindari menyentuh tangan, mulut, atau hidung dengan tangan yang kotor.

6. Mandi air hangat
Pasien lupus kerap mengalami nyeri otot dan sendi. Obat pereda nyeri memang membantu meredakannya. Namun bisa pula diatasi dengan cara lebih alami seperti mandi air hangat atau berendam di air panas.

7. Hindari paparan sinar matahari
Terlalu banyak terpapar sinar matahari dapat memicu gejala stroke. Hindari terkena matahari pada pukul 10 pagi hingga 4 sore. Kenakan baju lengan panjang, celana panjang, dan topi lebar saat keluar di siang hari.

8. Tetaplah bahagia
Jauhi depresi, stres, frustrasi dan bentuk mood buruk lainnya. Cobalah mencari jalan agar kesehatan mental membaik seperti melakukan meditasi, olah napas, rekreasi, dan sebagainya.

Itulah informasi mengenai tips cara hidup sehat untuk penderita lupus yang dapat kami bagikan. Semoga dapat memberikan manfaat.

Loading...
buah buahan untuk penyakit lupus, makanan untuk penderita lupus

8 Tips hidup sehat untuk penderita lupus | akbar | 4.5