Loading...

8 Manfaat sehat mengonsumsi wortel untuk tubuh manusia

Wortel, jenis umbi-umbian yang masuk dalam kategori sayur-sayuran ini terkenal kaya akan kandungan vitamin A. Namun tidak hanya itu saja, wortel juga punya beragam kandungan vitamin lainnya, seperti beta karoten, vitamin B, vitamin E, vitamin K, serat, antioksidan dan juga potasium.

Karena itulah, bukan hal yang mustahil bila wortel atau yang dalam bahasa latinnya disebut dengan Daucus Carota L. ini mempunyai banyak sekali manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh kita. Berikut adalah sedikit penjelasan mengenai manfaat wortel untuk kesehatan :

1. Menjaga kesehatan mata

Tingginya kandungan vitamin A dalam wortel membuatnya sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata. Seperti yang kita ketahui, vitamin A merupakan asupan nutrisi untuk mata kita.

2. Menjaga sistem imunitas tubuh

Tingginya kandungan nutrisi dalam wortel juga bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, selain itu wortel juga bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan peradangan dan luka.

3. Melindungi kulit dari sinar UV

Selain baik untuk kesehatan mata, vitamin A juga bisa membantu kesehatan kulit dengan cara menyingkirkan sel-sel yang rusak dan kemudian menggantinya dengan yang baru. Selain itu, vitamin A dalam wortel juga bisa membantu melindungi kulit anda dari paparan sinar UV yang berbahaya, membantu kulit kering, menghambat penuaan, meningkatkan warna kulit serta mencegah jerawat.

4. Menjaga kesehatan mulut

Mengunyah wortel segar yang masih mentah bisa memembantu membersihkan sisa-sia makanan yang tersisa di sela-sela gigi. Selain sebagai pembersih, wortel juga mempunyai sifat antiseptik yang bisa membunuh kuman sehingga anda akan terhindar dari berbagai kerusakan gigi serta bau mulut.

5. Menurunkan kadar kolesterol

Secara rutin, selama 3-4 minggu mengonsumsi setidaknya 200 gr wortel segar yang masih mentah terbukti bisa membantu menurunkan kadar kolestrol hingga 11% dalam tubuh seseorang. Ini dikarenakan adanya kandungan senyawa calcium pectate berjenis seperti serat larut dalam wortel.

6. Membersihkan racun dalam tubuh

Vitamin A yang terkandung dalam wortel juga bisa membantu membersihkan organ usus besar serta empedu dan lemak dalam organ hati anda secara alami serta efektif.

7. Membantu mencegah kanker

Kandungan antioksidan yang cukup tinggi dalam wortel bisa membantu anda dalam menurunkan risiko akan kanker. Bahkan hasil dari beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa wortel bisa membantu untuk mencegah tiga jenis kanker yang sering terjadi yaitu kanker paru-paru, payudara, dan usus besar.

8. Melancarkan pencernaan

Punya masalah dengan sembelit? Perbanyaklah mengonsumsi wortel. Tingginya kandungan serat dalam wortel bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Selain serat, minyak wortel juga terbukti mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan organ-organ pencernaan.

Untuk mendapatkan manfaat dan khasiat dari mengonsumsi wortel, bisa dilakukan dengan cara memakan wortel langsung yang masih mentah, membuatnya menjadi jus yang menyegarkan atau dengan cara disayur.

loading...
Loading...
8 Manfaat sehat mengonsumsi wortel untuk tubuh manusia | akbar | 4.5