Loading...

7 Penyebab terlambat datang bulan

Haid, menstruasi atau yang dikenal juga dengan istilah datang bulan merupakan rutinitas yang dialami oleh wanita setiap bulan. Haid adalah keluarnya darah dari organ intim wanita akibat dari tidak dibuahinya sel telur.

Normalnya, setiap wanita akan mengeluarkan darah haid setiap bulan selama beberapa hari. Namun karena beberapa kondisi, ada kalanya haid datang terlambat. Ketika haid tidak juga kunjung datang, tak sedikit wanita yang merasa khawatir dan panik. Pasalnya, tidak keluarnya darah haid bisa menjadi salah satu ciri atau tanda seseorang mendapatkan kehamilan, atau mungkin juga karena terganggunya kondisi kesehatan wanita.

Ketika wanita terlambat datang bulan, sebaiknya jangan buru-buru panik. Bisa jadi itu karena ada salah dalam menghitung masa menstruasi terakhir bulan lalu. Selain itu, ada juga beberapa penyebab lain dari terlambat haid yang anda alami. Berikut di antaranya:

1. Salah menghitung hari

Tak jarang wanita salah dalam menghitung tanggal menstruasi. Karena tidak semua wanita punya siklus menstruasi yang sama, ada yang siklus menstruasinya pendek dan ada juga yang sangat panjang. Normalnya, siklus menstruasi wanita yaitu selama 28 hari meski ada juga yang lebih pendek. Ada juga sebagian wanita mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur. Misalnya saja pada bulan ini dia mengalami menstruasi pertama tanggal 7, mungkin bulan depan menstruasinya bisa datang pada tanggal 3.

2. Olahraga yang berlebihan

Melakukan aktivitas fisik berlebihan juga bisa berpengaruh terhadap siklus menstruasi. Hal ini sering terjadi pada altet wanita pada jenis olahraga berat, seperti angkat besi dan marathon.

3. Masalah berat badan

Penyebab terlambat datang bulan lainnya adalah karena adanya perubahan besar dalam berat badan. Pada wanita yang melakukan program diet berat, maka secara otomatis tubuhnya akan menyeimbangkan kondisi fisiknya yang pada akhirnya akan berpengaruh pada terganggunya siklus menstruasi.

4. Perubahan rutinitas

Perubahan rutinitas, misalnya tinggal di daerah baru yang ternyata memiliki iklim yang jauh berbeda dengan iklim di daerah yang lama juga bisa menyebabkan terganggunya siklus haid dan tidak sedikit yang mengalami masalah terlambat haid.

5. Stres

Emosi yang meningkat pada wanita bisa berdampak buruk bagi siklus menstruasi. Maka sangat wajar bila wanita mengalami terlambat datang bulan ketika sedang stres.

6. Penyakit

Beberapa jenis penyakit seperti endometrosis atau lainnya yang berhubungan dengan organ reproduksi juga bisa berdampak pada masalah terlambat datang bulan.

7. Minum obat

Wanita yang mengonsumsi obat tertentu seperti pil KB juga bisa berdampak buruk pada siklus menstruasi yang mengakibatkan terlambat menstruasi.

loading...
Loading...
7 Penyebab terlambat datang bulan | akbar | 4.5