Loading...

7 Penyakit wanita yang juga harus diwaspadai pria

Meski perbedaan gen, anatomi tubuh dan kadar hormon membuat wanita lebih rentan terkena penyakit, bukan berarti pria lantas menganggap dirinya aman. Sebagian besar pria menganggap dirinya tak mungkin terserang penyakit wanita. Padahal, pria yang tak memperhatikan kesehatan tubuhnya juga rentan terkena penyakit-penyakit tersebut.

Berikut adalah 7 penyakit wanita yang juga bisa menyerang pria sehingga patut diwaspadai.

1. Osteoporosis
Sekitar 1 dari 3 wanita berisiko osteoporosis, begitu juga pada 1 dari 5 pria. Wanita mengalami penurunan kepadatan tulang lebih cepat setelah menopause, tetapi pria juga kehilangan massa tulang di usia 65-70 tahun. Karena itu, tak ada salahnya untuk selalu memeriksa kepadatan tulang sejak dini.

2. Kanker payudara
Kasus kanker payudara pada pria terus meningkat setiap tahun. Biasanya kanker ini akan menyerang pria usia diatas 50 tahun atau yang mengalami kegemukan atau obesitas karena jaringan payudaranya lebih banyak. Selalu perhatikan dengan seksama apakah ada benjolan atau kelainan kulit di sekitar bagian dada.

3. Masalah tiroid
Tiroid adalah kelenjar kecll di tengah-tengah leher bagian bawah yang berfungsi menghasilkan hormon penghasil metabolisme. Meski wanita disebut-sebut 5-8 kali berisiko terkena penyakit tiroid seperti kelelahan, berat badan meningkat, otot melemah dan gangguan tidur, pria juga masih bisa terkena penyakit tersebut.

4. Gangguan makan
Saat ini banyak pria yang tertekan untuk tampil dnegan tubuh sempurna sehingga mengalami gangguan makan. Selain itu, pria juga cenderung mencari pengobatan sehingga lebih berisiko mengalami komplikasi sepert masalah jantung, pengeroposan tulang serta kegagalan fungsi organ.

5. Infeksi kandung kemih
Pria dengan pembesaran prostat, batu ginjal atau penyempitan uretra juga rentan terkena infeksi kandung kemih. Oleh sebab itu, pria harus mewaspadai gejala seperti sering buang air kecil, darah pada urin serta rasa terbakar saat buang air kecil.

6. Depresi
Berbeda dengan wanita, pria yang mengalami depresi cenderung melampiaskannya dengan kemarahan, frustrasi dan keputusasaan. Gejala depresi yang dialami pria juga tidak terdiagnosis sehingga banyak diantaranya yang berpaling pada obat-obatan, alkohol, atau keinginan untuk bunuh diri.

7. Lupus
Sembilan puluh persen penyakit lupus diidap oleh wanita, namun gangguan autoimun ini juga bisa menyerang pria meski sangat jarang. Jika mengalami gejala seperti pembengkakan dan nyeri sendi, kelemahan otot, pembengkakan pada kaki, demam, rambut rontok, munculnya kantung mata dan ruam merah pada hidung dan pipi, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Loading...
7 Penyakit wanita yang juga harus diwaspadai pria | akbar | 4.5