Loading...

7 Manfaat mentimun sebagai bahan makanan

Mentimun adalah salah satu jenis buah sayuran yang memiliki kandungan air tinggi dan rasanya yang segar. Mentimum juga kaya nutrisi serta memiliki kandungan 0,65% protein, 0,1% lemak, serta 2,2% karbohidrat. Selain itu, sayuran yang masih satu keluarga dengan melon ini juga mengandung kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C.

Mentimun seringkali digunakan sebagai bahan utama acar dan menjadi hidangan pelengkap untuk makanan seperti sate, nasi goreng, steak serta makanan lainnya. Dan berikut adalah beberapa manfaat mentimun bila dikonsumsi sebagai bahan makanan.

  1. Mentimun memiliki zat anti karsinogen sehingga mampu menangkal makanan yang mengandung zat karsinogen seperti sate atau daging yang dibakar menggunakan arang. Karsinogen pun disebut-sebut sebagai zat penyebab kanker.
  2. Bagi yang suka mengonsumsi daging kambing tapi memiliki tekanan darah tinggi, cobalah konsumsi timun. Hal ini dikarenakan timun memiliki kandungan kalium yang tinggi untuk mengurangi tekanan darah tinggi tersebut.
  3. Timun kaya akan serat sehingga mampu melancarkan saluran pencernaan, menurunkan kolestrol serta menetralkan racun.
  4. Bagi yang megalami cacingan, konsumsi saja timun karena biji sayuran ini mengandung racun alkoloid jenis hipoxanti yang dapat mengobati penyakit cacingan.
  5. Selain kandungan nutrisinya yang lengkap, buah timun juga mengandung silikon, fluorin, kalium serta rendah kalori sehingga dapat membantu merangsang ginjal untuk membuang sisa metabolisme dan lemak di dalam tubuh.
  6. Kandungan air yang tinggi pada timun dapat memberikan rasa sejuk di mulut sehingga mengurangi rasa sakit pada tenggorokan dan mengobati sariawan.
  7. Timun juga bisa dijadikan sebagai obat dalam untuk mengatasi mata yang lelah, demam, jerawat serta menghaluskan kulit.

Itulah beberapa informasi seputar manfaat mentimun. Semoga dapat memberikan manfaat.

loading...
Loading...
7 Manfaat mentimun sebagai bahan makanan | akbar | 4.5