Loading...

7 Manfaat lain dari minum kopi yang harus anda tahu

Salah satu manfaat sekaligus efek samping dari minum kopi yang cukup populer dan banyak diketahu orang adalah membuat mata betah melek. Minum kopi di pagi hari juga dipercaya bisa membangkitkan energi serta membangkitkan semangat untuk beraktivitas sepanjang hari.

Apakah hanya itu manfaat dari kopi? Ternyata tidak. Masih ada banyak lagi manfaat yang bisa anda dapatkan dari minum kopi untuk kesehatan tubuh anda. Berikut di antaranya :

1. Mencegah penyakit

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Harvard, diketahui bahwa minum 1 sampai 3 cangkir kopi setiap hari bisa membantu mencegah tubuh dari serangan penyakit. Salah satunya adalah mampu mengurangi risiko anda terkena diabetes secara signifikan.

Tidak hanya itu saja, bahkan minum 6 cangkir kopi atau lebih setiap hari akan mengurangi risiko lebih lanjut. Pembentukan penyakit Parkinson bisa menurun hingga 80 persen dan risiko kanker usus bisa dikurangi sebesar 25 persen dengan rutin minum kopi. Juga diketahui bahwa wanita yang minum kopi 4 cangkir atau lebih setiap harinya bisa membantu menurunkan kemungkinan terkena kanker payudara hingga 40 persen.

2. Memberi Anda kesehatan yang lebih baik

Dikatakan bahwa minum secangkir kopi mengandung lebih dari seribu antioksidan. Antioksidan sangat penting untuk kesehatan. Antioksidan bisa menurunkan peradangan yang disebabkan oleh radang sendi, juga menyingkirkan racun yang menyebabkan tipe kanker tertentu. Antioksidan juga bisa menetralisir radikal bebas penyebab terjadinya penuaan dini.

3. Meningkatkan kinerja Anda

Untuk membangkitkan semangan untuk berolahraga, minumlah secangkir kopi terlebih dahulu sebelum latihan di rumah atau di gym. Minum secangkir kopi akan melepaskan endorfin dalam tubuh dalam beberapa menit yang akan membuat suasana hati anda menjadi terasa lebih baik serta memberikan dorongan untuk berolahraga. Pada akhirnya kinerja anda akan semakin meningkat, anda pun bisa lebih lama dan lebih keras lagi untuk berolahraga.

4. Baik untuk hati

Kandungan kafein dalam kopi ternyata bisa membantu hati untuk mengatur dirinya sendir, demikian menurut hasil sebuah studi. Meminum kopi secara rutin akan bisa mengurangi risiko terkena kanker hati, sirosis hati, atau bahkan kegagalan hati. Hal ini juga mengurangi risiko sirosis alkoholik. Manfaat ini ternyata hanya ada dalam kopi, tidak termasuk minuman berkafein lainnya, seperti teh.

5. Memberi Anda kesempatan hidup lebih lama

National Cancer Institute telah melakukan sebuah studi, dan dari hasil studi tersebut diketahui bahwa orang-orang yang sering mengonsumsi kopi, ternyata memiliki lebih banyak kemungkinan untuk hidup lebih lama daripada mereka yang tidak mengonsumsi kopi. Penyebabnya adalah karena antioksidan yang ditemukan secara alami dalam kopi.

Minum kopi juga bisa membantu seseorang mengurangi keinginan untuk makan camilan yang tidak sehat serta meningkatkan keinginan olahraga. Tidak hanya itu saja, minum kopi ternyata juga bisa sebagai pengganti rokok.

6. Mengurangi risiko radang sendi

Semua orang, berapapun usianya bisa terkena radang sendi. Radang sendi akan mempengaruhi sendi yang pada akhirnya akan mengakibatkan imobilitas untuk jangka waktu yang panjang. Minum kopi bisa membantu untuk menenangkan kondisi serta mengurangi rasa sakit karena radang sendi.

7. Membuat Anda lebih pintar

Kafein, salah satu bahan utama yang terkandung dalam kopi, adalah stimulan yang merupakan komponen psikoaktif yang paling banyak dikonsumsi di dunia saat ini. Kafein menghadang efek adenosin, sejenis penyumbatan di otak. Akibat yang timbul dari minum kopi adalah bisa menyebabkan efek stimulan bersih dan memperbarui otak serta suasana hati.

Selain itu, mengkonsumsi kopi secara teratur juga bisa membantu anda mengatasi masalah mental dan juga kemampuan kognitif yang lebih baik. Hasil studi menunjukkan bahwa kopi bisa meningkatkan kemampuan berpikir seseorang dan memberikan keterampilan pemecahan masalah yang lebih baik.

loading...
Loading...
efek antimo dicampur kopi, antimo campur kopi, bahaya kopi campur garam, manfaat wedang asem, Kacer banyak minum, kopi campur kunyit, kopi campur garam, kopi kunyit, gambar secangkir kopi

7 Manfaat lain dari minum kopi yang harus anda tahu | akbar | 4.5