Loading...

7 Manfaat Bawang Merah yang Harus Anda Tahu

Bawang merah (Jawa: brambang) adalah salah satu jenis tanaman bumbu yang paling banyak digunakan dalam berbagai masakan. Pemanfaat dari tanaman yang memiliki nama latin Allium cepa L. ini biasnaya adalah umbi dan ada juga yang memanfaatkan daunnya sebagai bumbu penyedap masakan.

Selain bermanfaat sebagai bumbu penyedap masakan, bawang merah ternyata juga memiliki cukup banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Beberapa manfaat bawang merah misalnya:

  1. Bawang merah memiliki kandungan zat fitokimia yang berfungsi untuk meningkatkan kerja vitamin C dalam tubuh sehingga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  2. Kandungan kromium dalam bawang merah bermanfaat membantu pengaturan gula darah.
  3. Bawang merah telah digunakan sejak dulu sebagai obat untuk mengurangi peradangan dan juga menyembuhkan infeksi.
  4. Mengonsumsi bawang merah yang masih mentah bisa mendorong produksi kolesterol baik (HDL) sehingga akan menjaga jantung selalu sehat.
  5. Kandungan senyawa dalam bawang merah yang disebut quercetin diketahui memainkan peran penting untuk mencegah kanker.
  6. Rutin mengonsumsi bawang merah juga bisa meredam radikal bebas sehingga akan mengurangi risiko ulkus lambung.
  7. Bawang merah juga bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk mengatasi rasa sakit akibat terkena sengatan lebah. Untuk mengurangi rasa sakit dan sensasi terbakar akibat terkena sengata lebah, cukup dengan cara mengoleskan jus bawang merah di area yang tersengat lebah.

Meski bawang merah termasuk salah satu bumbu masakan yang cukup populer, namun perlu anda ingat bahwa kebanyak mengonsumsi bawang merah bisa menyebabkan bau mulut. Selain itu, saat mengiris bawang merah pun anda harus hati-hati karena bisa menyebabkan efek berupa mata terasa pedih dan panas saat mengirisnya.

loading...
Loading...
cara mengobati ganglion dengan bawang merah

7 Manfaat Bawang Merah yang Harus Anda Tahu | akbar | 4.5