Loading...

7 Makanan Penyebab Osteoporosis yang Harus Dihindari Setiap Orang

Osteoporosis atau penyakit tulang keropos merupakan salah satu penyakit yang sering dialami oleh orang, terutama adalah mereka yang sudah berusia lanjut. Akan tetapi tidak hanya karena faktor usia, makanan yang dikonsumsi juga ternyata bisa memicu penyakit keropos tulang ini.

Vitamin D dan kalsium merupakan sumber asupan yang penting dalam menunjang kepadatan tulang. Karena itu ketika tubuh kekurangan vitamin D dan kalsium, resiko seseorang mengalami osteoporosis akan semakin besar.

Akan tetapi tidak hanya karena tubuh kurang asupan vitamin D dan kalsium saja yang bisa menjadi penyebab osteoporosis, namun ketika beberapa jenis makanan tertentu dikonsumsi secara berlebihan juga bisa memicu osteoporosis.

Makanan dan Minuman Penyebab Osteoporosis

Adapun beberapa contoh makanan yang bisa menyebabkan penyakit osteoporosis diantaranya adalah seperti berikut ini:

1. Terlalu banyak protein
Bahan kimia sulfat yang ada di dalam makanan berprotein menyebabkan kalsium dalam tulang keluar. Maka dari itu, sebaiknya hindari konsumsi makanan berprotein secara berlebihan.

2. Minuman berkafein
Sebuah studi mengungkapkan bahwa minum terlalu banyak kopi (lebih dari 4-5 cangkir per hari) dapat meningkatkan risiko patah tulang. Memanjakan diri dengan minum kopi tidak masalah, selama anda konsumsi dalam batas wajar.

Selain itu, minuman cola dan soda juga bisa memicu keropos tulang, terutama pada wanita.

3. Retinol pada vitamin A
Sebuah penelitian telah mengkonfirmasi bahwa wanita yang mengkonsumsi vitamin A dengan dosis lebih dari 3000 mikrogram memiliki risiko lebih besar mengalami patah tulang pinggul. Adapun retinol vitamin A biasanya ada pada hati, kuning telur, produk susu, dan suplemen makanan.

4. Makanan tinggi sodium
Sodium yang terlalu banyak dapat menyebabkan eksresi kalsium melalui urin dan keringat. Sodium dapat ditemukan di garam meja dan makanan olahan. Karena itu, sebaiknya hindari konsumsi garam meja secara berlebihan.

5. Makanan oksalat
Oksalat adalah bentuk lain dari garam yang bisa mencegah anda dari menyerap kalsium ke dalam tulang, jika oksalat dan kalsium dalam produk makanan yang sama. Ubi jalar merupakan contoh makanan yang mengandung oksalat.

6. Kulit ari gandum
Kulit ari gandum atau wheat bran adalah jenis makanan yang mengurangi penyerapan kalsium, bahkan ketika dimakan bersama dengan makanan yang kaya kalsium. Makanan tersebut berisi phytates yang mengganggu proses penyerapan kalsium dalam tubuh.

7. Alkohol
Konsumsi berlebihan minuman beralkohol bisa dikaitkan dengan densitas tulang diturunkan dalam tubuh karena bisa mengganggu penyerapan kalsium dan Vitamin D ke dalam tulang

Itulah beberapa contoh dari jenis makanan yang bisa membuat proses pengeroposan tulang makin cepat sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky. Bukan berarti anda tidak boleh sama sekali mengonsumsi makanan ataupun minumn tersebut. Namun selama anda mengonsunsinya dalam batas wajar dan sesuai aturan, hal itu tetap bisa anda lakukan.

Menambah asupan vitamin D dan kalsium serta menggurangi konsumsi makanan di atas bisa menjadi cara terbaik untuk mencegah osteoporosis. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
7 Makanan Penyebab Osteoporosis yang Harus Dihindari Setiap Orang | akbar | 4.5