Loading...

7 Macam penyakit akibat stres

Stres memang bukan suatu penyakit dan hanya merupakan masalah psikologis, namun stres juga memiliki dampak yang cukup besar terhadap kesehatan fisik. Seringkali gejala-gejala penyakit akibat stres dianggap tidak perlu diobati karena hanya berupa keluhan-keluhan ringan saja. Padahal, gejala penyakit tersebut berpotensi menjadi penyakit yang lebih serius jika tidak segera ditangani. Karena itu kenalilah beberapa macam penyakit akibat stres.

Sakit kepala/migrain

Stres bisa membuat daya tahan tubuh menurun lalu memicu sakit kepala atau migrain. Untuk menghindarinya, pastikan untuk menjaga pola makan dan pola tidur secara teratur.

Penyakit mulut

Rahang terasa nyeri, gigi gemeretak dan gusi berdarah merupakan tanda bahwa stres tengah melanda. Meningkatnya hormom kristol saat stres akan melemahkan sistem dan memudahkan bakteri masuk ke dalam mulut dan gigi.

Jerawat

Stres juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat di wajah, hal ini disebabkan oleh meningkatnya risiko inflamasi. Untuk mencegah jerawat muncul, oleskan pelembab dan lotion yang mengandung asam salisilat.

Gatal-gatal

Stres ternyata mengaktifkan sejumlah serabut syaraf yang memicu sensasi gatal. Dan orang yang memiliki penyakit kulit seperti gatal-gatal kronis dua kali lebih rentan mengalami stres.

Alergi

Hormon stres diyakini memicu produksi imunoglobulin E yang dapat menyebabkan reaksi alergi. Selain itu pikiran gelisah dan tidak tenang juga dapat memperparah penderita alergi.

Sakit perut

Risiko mengalami sakit perut meningkat tiga kali lipat pada orang stres. Ketika syaraf otak bereaksi terhadap stres, syaraf di usus menangkap sinyal yang sama dan memberikan respon seperti rasa mulas.

Kram

Saat stres, hormon dalam tubuh menjadi tidak seimbang sehingga mengakibatkan kram di beberapa bagian tubuh. Risiko mengalami kram bisa dua kali lebih besar karena adanya aktifitas syaraf simpatis yang lebih tinggi. Untuk mencegahnya, berolahragalah secara teratur.

Loading...
7 Macam penyakit akibat stres | akbar | 4.5