Loading...

7 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Minum Obat Herbal

Meski diklaim lebih baik dan aman ketimbang obat medis umumnya, pemakaian obat herbal tetap harus sesuai aturan. Ini sangat penting untuk menghindari hal buruk yang mungkin saja bisa terjadi, seperti misalnya efek samping. Dan tentu saja agar khasiatnya bisa lebih maksimal.

Penggunaan ramuan herbal sebagai solusi untuk mengobati penyakit sudah dikenal dan dipraktekan sejak zaman dulu. Obat herbal biasanya diramu secara tradisional menggunakan aneka rempah dan tumbuhan tertentu.

Baca juga: tanaman herbal untuk mengobati penyakit dalam

Yang Harus Diperhatikan Sebeum Minum Obat Herbal

Meski dibuat dari bahan-bahan alami, namun untuk menghindari hal-hal buruk yang mungkin saja bisa terjadi akibat dari minum obat tradisional, maka perlu diperhatikan beberapa hal. Misalnya:

1. Sebelum memulai pengobatan herbal, sebaiknya anda konsultasikan lebih dulu pada dokter ahli. Pasalnya, ada beberapa obat herbal yang mungkin akan bereaksi atau memiliki efek samping jika diminum bersama obat lain. Dokter dan herbalis lebih paham bagaimana mengatur takaran dan frekuensi antar keduanya.

2. Untuk menjamin bahwa obat herbal tersebut dijinkan beredar dan aman dikonsumsi, maka pilihlah obat herbal dari toko kesehatan terpercaya dan yang sudah memiliki lisensi resmi.

3. Carilah lebih banyak informasi mengenai obat herbal yang akan anda konsumsi. Dengan semakin banyak pengetahuan yang anda peroleh dan miliki, maka akan semakin berdampak baik bagi kualitas kesehatan tubuh anda.

Baca juga: Jenis-jenis Jamu Herbal

4. Baca dengan teliti instruksi pada label kemasan. Hal ini bertujuan agar anda lebih tahu apa saja bahan-bahan digunakan di dalamnya. Pastikan bahwa tumbuhan yang digunakan pada obat tersebut adalah benar-benar aman dan tidak beracun.

5. Pastikan untuk selalu lihat tanggal kadaluarsa. Langkah ini sebenarnya tidak hanya terbatas pada pemakaian obat herbal, namun juga dengan obat kimia pun demikian. Juga sebaiknya anda lihat peringatan yang ada pada kemasan karena beberapa obat herbal sensitif terhadap cahaya dan suhu ruang.

6. Perhatikan efek samping yang mungkin dapat ditimbulkan. Secara umum obat herbal dianggap aman, meski demikian ada beberapa jenis tumbuhan seperti cava dan comfrey yang memiliki efek samping yang serius. Untuk itu sebaiknya terlebih dahulu anda diskusikan kemungkinan efek samping ini pada dokter.

7. Jangan melewati dosis yang sudah ditentukan. Bila melebihi batas dosisi maka bisa jadi akan membahayakan kesehatan. Karena itu pastikan untuk meminum obat sesuai dosis yang telah diresepkan dokter atau herbalis.

Memperhatikan hal-hal seperti diatas tidak hanya akan membuat anda aman dari efek samping dalam meminum obat herbal. Namun juga bisa membuat obat yang anda konsumsi bisa bekerja lebih maksimal sehingga dapat menyembuhkan penyakit yang anda derita dengan segera.

loading...
Loading...
kelebihan minum amodrinat, kegunaan obat emodrinat, Apa ada efek sampingnya es legen, obat amordinat, mensi herbal, makan nata de coco sama obat boleh tidak, herbal telin, Guna obat mixal, epek samping xepazym, epek samping minum obat ultra flu, efrk samping antangin, apakah bahaya minum darsi saat haid, apa manfaat obot omedrinat, apa guna obat omedrinat, obat omedinart

7 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Minum Obat Herbal | akbar | 4.5