Loading...

7 Dampak buruk akibat merokok

Rokok bukan hanya bisa menyebabkan gejala penyakit seperti kanker, penyakit jantung, penyakit paru-paru, impotesi dan beragam penyakit lainnya. Satu batang nikotin yang dihisap oleh perokok dapat menimbulkan risiko-risiko dan dampak buruk bagi kesehatan yang jarang diketahui masyarakat luas, seperti:

1. Tulang
Para perokok memiliki risiko fraktur atau patah tulang yang lebih tinggi ketimbang yang tidak merokok. Rokok dapat memperlambat kinerja osteoblast yang bertanggung jawab dlam membangun sel-sel tulang.

2. Gigi
Bukan hanya memicu perubahan warna gigi yang terlihat lebih kuning dan kusam, merokok juga dapat menyembunyikan tanda-tanda peringatan dini terkait penyakit peridontal atau penyakit yang berhubungan dengan gigi dan gusi.

3. Lidah
Umumnya, indra pengecap para perokok lebih buruk ketimbang yang bukan perokok. Nikotin yang terkandung dalam rokok dapat memudarkan sensor rasa sehingga paa perokok tidak dapat menikmati berbagai macam rasa.

4. Kulit
Merokok dapat memberikan efek negatif domino terhadap kulit. Kulit perokok akan menjadi kurang elastis, memunculkan kerutan, membuat kulit menguning dan meningkatkan risiko kanker kulit. Hal ini di karenakan protein dalam kulit menurun sehingga timbul masalah-masalah di indera peraba tersebut.

5. Rambut
Merkok dapat membuat rambut menipis akibat nutrisi rambut yang terkuras seperti seng, vitamin B, karoten, magnesium dan kalsium. Tak jarang para perokok rentan terhadap risiko rambut rontok dan kebotakan.

6. Hidung
Rokok dapat merusak sensitivitas ujung syaraf yang memberikan kemampuan mencium bau sehingga mengakibatkan indera penciuman terganggu. Para perokok aktif pun biasana akan memiliki kemampuan mencium bau yang buruk.

7. Otak
Kecanduan nikotin dapat mempengaruhi syaraf di otak sehingga memproduksi dopamin yang menimbulkan efek puas atau senang. Hal inilah yang membuat seseorang menjadi kecanduan rokok untu mendapatkan efek kepuasan dan menyenangkan secara konstan dari merokok.

loading...
Loading...
7 Dampak buruk akibat merokok | akbar | 4.5