Loading...

7 Cara sederhana untuk mempertajam daya ingat

Salah satu gejala dari penuaan dini adalah semakin banyaknya hal yang tanpa sengaja sering kita lupakan. Meski ini adalah hal yang wajar seiring bertambahnya usia, tentunya sangat tidak nyaman jika kita sudah mulai lupa saat usia masih tergolong muda.

Agar daya ingat tetap tajam, cobalah lakukan hal-hal berikut ini.

1. Olahraga
Lansia yang rutin berolahraga ternyata memiliki pikiran dan daya ingat yang lebih tajam. Perkembangan ingatan dan pengetahuan ini terjadi setidaknya enam bulan setelah mulai berolahraga. Karena itu, rutinlah berolahraga sejak dini, minimal tiga hari dalam seminggu dengan durasi masing-masing selama satu jam.

2. Konsumsi sayuran hijau
Sayuran hijau seperti kangkung, bayam, brokoli dan daun bawang dipercaya dapat meminimalisir risiko gangguan ingatan karena faktor usia. Nutrisi yang terkandung dalam sayuran hijau dapat mempertajam memori dan menjaga kesehatan jantung.

3. Jauhi alkohol
Pria paruh baya yang mengkonsumsi lebih dari dua setengah gelas alkohol per hari akan mengalami kepikunan dini dan masalah kognitif. Gejala ini terjadi enam tahun lebih cepat dibanding pria yang sedikit minum alkohol.

4. Perbanyak tidur singkat
Tidur dalam waktu singkat akan membantu otak memproses dan menggabungkan ingatan sehingga menjadi lebih tajam. Selain itu, tidur sebentar setelah berjam-jam merasa penat dapat mengurangi stres, memperbaiki mood dan membuat tidur lebih terjaga.

5. Konsumsi kafein
Asal tidak berlebihan, kafein juga bisa membantu merangsang memori, membantu otak mengingat dan menyimpan informasi. Awalilah pagi hari dengan secangkir teh atau kopi yang juga dapat membuat anda lebih bersemangat.

6. Meditasi
Cobalah untuk menenangkan pikiran dengan cara meditasi empat kali dalam satu minggu selama 45 menit. Meditasi dapat membantu memperbaiki daya ingat, mengatasi gangguan kecemasan kronis, ketergantungan dan depresi.

7. Lakukan hal baru
Semakin lanjut usia, semakin banyak orang yang melakukan hal yang sama selama berulang-ulang. Misalnya pulang melewati rute yang sama atau memesan menu makanan yang sama selama lima kali dalam sepekan. Cobalah lakukan hal-hal baru untuk membantu otak mengingat dan menyimpan informasi dengan lebih baik.

loading...
Loading...
7 Cara sederhana untuk mempertajam daya ingat | akbar | 4.5