Loading...

7 Cara Mengatasi Anak yang Susah Makan

Cara Mengatasi Anak Susah MakanMemiliki anak yang susah makan tentu membuat ibu merasa khawatir. Padahal, anak membutuhkan nutrisi yang cukup untuk menunjang pertumbuhannya secara optimal.

Namun jangan khawatir, untuk anda yang memiliki anak yang susah untuk disuruh makan, anda bisa menerapkan tips-tips berikut ini untuk mengatasi si kecil susah makan :

1. Luangkan waktu untuk menyuapi anak
Untuk anda yang memilih sebagai wanita karir, anda bisa coba meluangkan waktu sebentar saja, namun berkualitas untuk menyuapi anak. Karena sebenarnya anak-anak sangat mengerti bila bapak atau ibunya bekerja.

2. Buatlah suasana hatinya tenang dan nyaman dahulu
Berikanlah kepuasan psikis kepada anak yang sesuai dengan usianya dan buatlah agar suasana hatinya senang. Karena anak biasnaya punya hobi bermain, maka anda bisa coba menyuapi anak sambil mengajaknya jalan-jalan di lingkungan rumah.

3. Variasikan menu makan anak
Anak biasanya cepat bosan, termasuk juga mungkin dengan makanan. Karena itu, bila anakn tidak mau makan, anda bisa mencoba membuat menu makan yang berbeda untuk anak minimal selama sepekan untuk mempermudah mengatur variasi makannya.

4. Sajikan secara menarik
Jangan mencampuradukkan makanan anak. Anda bisa memisahkan nasi dengan lauk-pauknya. Hiasi dengan berbagai aneka warna dan bentuk. Jika perlu, anda bisa mencetak makanan dengan cetakan kue yang lucu-lucu.

5. Jangan beri camilan padat kalori menjelang jam makan
Memberikan camilan pada saat tersebut bisa mengakibatkan anak tidak merasa lapar. Seperti misalnya memberi anak permen, minuman ringan, cokelat, hingga camilan yang mengandung MSG. Akibatnya, saat jam makan tiba, anak sudah merasa kekenyangan hingga akhirnya tidak lagi mau makan.

6. Hindari minum susu terlalu banyak
Banyak orang tua yang menganggap susu adalah minuman super yang bisa menggantikan makanan utama seperti nasi, sayur, dan lauk-pauknya. Orangtua cenderung kurang sabar memberikan makanan kasar. Atau orangtua sering takut anaknya kelaparan sehingga makanan diganti dengan susu. Akhirnya, daripada perut si anak tidak kemasukan makanan, diberikan saja susu secara berlebihan.

7. Libatkanlah anak untuk menyiapkan makanan
Anda bisa mengajak anak untuk ikut serta membantu memilihkan buah atau sayur di pasar swalayan, dan kemudian mengajak anak untuk membantu menyiapkan meja makan. Selain itu, anak anda memerlukan contoh dari orangtuanya, sehingga anda bisa mengajak makan buah dan sayur bersamanya.

loading...
Loading...
7 Cara Mengatasi Anak yang Susah Makan | chsa | 4.5