Loading...

6 Tips memilih jas hujan untuk pengendara sepeda motor

Jas hujan sangat diperlukan bagi mereka yang menggunakan sepeda motor roda 2 sebagai alat transportasi, terlebih pada saat musim hujan seperti sekarang ini. Jas hujan akan melindungi anda dari terpaan derasnya air hujan, sehingga anda akan terhindar dari dingin dan mungkin juga serangan penyakit seperti pilek, flu dan juga demam.

Memilih jas hujan tidak boleh sembarangan, ini terkait dengan keselamatan serta agar jas hujan bisa berfungsi secara maksimal, anda pun tidak akan dibuat ribet saat menggunakan jas hujan. Berikut adalah beberapa tips bagaimana cara memilih jas hujan untuk pengendara sepeda motor :

1. Jangan pilih model ponco

Jas hujan model ponco sebenarnya bisa menjadi pilihan. Tapi anda perlu berhati-hati bila memilih jas hujan model ini. Pasalnya, bagian belakang jas hujan ini tanpa jahitan yang bila tidak hati-hati akan terbawa angin sehingga kemungkinan besar jas hujan bisa tertarik oleh rantai motor dan juga bisa menghalangi pandangan pengguna jalan yang sedang berada di belakang anda.

Selain itu, bila hujan datang dari samping, maka air hujan tersebut bisa masuk lewat sela-sela jas hujan yang pada akhirnya akan membuat tubuh anda basah. Hal ini dikarenakan bagian samping jas hujan ini tidak di jahit, hanya dihubungkan dengan kancing saja.

Jadi mungkin akan lebih baik bila anda tidak memilih model jas hujan seperti ini, demi keamanan dan kenyamanan anda saat berkendara. Lebih baik anda pilih jas hujan model baju dan celana atau yang dikenal dengan istilah two-piece (atasan dan bawahan).

2. Berbahan PVC

Pilihlah jas hujan yang menggunakan bahan PVC. Jas hujan yang menggunakan bahan PVC (polyvinyl chloride) ini kedap air sehingga bisa melindungi anda secara utuh tanpa adanya peresapan air hujan seperti bahan parasut atau plastik biasa. Anda pun akan terlindung dari air hujan sampai di tempat tujuan..

3. Pilih yang di-press

Beberapa jenis jas hujan ada yang menggunakan jahitan untuk menghubungkan bagian atau potongan dari bahan jas hujan. Jas hujan yang dijahit dalam setiap sambungan sebaiknya tidak anda pilih. Ini karena kemungkinan besar air hujan masih bisa meresap melalui celah bekas jahitan hingga akhirnya membuat anda basah, meski tidak banyak. Sebaiknya pilihlah jas hujan yang dalam penyambungannya dengan cara di press karena lebih aman dari rembesan air. Akan lebih baik lagi bila jas hujan tersebut menggunakan kombinasi dijahit dan dipres dalam setiap sambungannya.

4. Resleting yang kuat

Pilihlah jas hujan yang menggunakan resleting dari kuningan atau tembaga karena lebih kuat. Jangan memilih resleting dari besi atau plastik. Resleting dari besi mudah berkarat, sementara resleting dari plastik mudah patah.

Jangan pilih jas hujan yang menggunakan resleting kecil karena mudah rusak. Selain karena seringnya jas hujan dibuka dan dipakai, penggunaan jas hujan yang tergesa-gesa juga memberikan peluang besar terhadap kerusakan resleting. Jadi, pilihlah resleting yang benar-benar kuat.

5. Bahan yang kuat

Selain resleting, pastikan bahan yang digunakan untuk jas hujan juga kuat, biasanya ini ditandai dengan tebalnya bahan yang digunakan. Memang sedikit lebih mahal, tapi ini akan membuat jas hujan lebih awet. Juga membuat anda lebih aman dari terpaan derasnya air hujan. Jas hujan juga jadi tidak cepat rusak atau sobek karena terhempas terpaan angin, hujan atau tersangkut bagian sepeda motor.

6. Warna yang terang

Menggunakan jas hujan berwarna terang dan bisa memantulkan cahaya akan menambah tingkat keamanan anda selama menggunakan sepeda motor saat turun hujan. Ketika turun hujan, jarak pandang jadi terganggu. Dengan menggunakan jas hujan berwarna terang, ini akan memberikan pantulan cahaya sehingga pengendara yang dibelakang akan bisa melihat anda dengan jelas.

Warna-warna pilihan untuk jas hujan yang bisa anda pilih misalnya adalah jas hujan yang berwarna kuning, biru, merah atau bisa juga warna lainnya yang sangat mudah dilihat meskipun hujan sedang turun dengan derasnya.

Salah satu kriteria dari jas hujan yang berkualitas adalah bahannya yang kuat, dalam artian tidak mudah sobek, jas hujan anda tidak tertembus air, resleting yang digunakan bagus serta berwarna terang.

loading...
Loading...
dp bbm gaji kecil dilarang sakit, Oke Google Kapan hujan, jas hujan yang aman untuk pengemudi motor, Oke Google Apakah hari ini akan hujan, Oke Google Apakah besok hujan, jas panjang selutut, efek hujan pes 2016, Oke Google Besok hujan atau tidak, dp makanan dan minuman, Cara menghilangkan makan air pada jaket

6 Tips memilih jas hujan untuk pengendara sepeda motor | akbar | 4.5