Loading...

6 Tips cara unik untuk mendongkrak daya ingat

Seiring bertambahnya usia, maka daya ingat pun akan semakin berkurang. Hal sepele atau bahkan hal penting yang seharusnya diingat bisa dlupakan begitu saja. Sesekali hal itu memang mengaburkan memori atau daya ingat dalam otak.

Namun, bukan berarti masalah ini tidak bisa diatasi. Dengan berlatih beberapa trik pendongkrak daya ingat, otak bisa berkembang menjadi lebih kuat dibanding sebelumnya. Berikut beberapa trik sederhana dan ‘unik’ yang diyakini dapat mempertajam daya ingat.

1. Mandi dengan mata tertutup
Melakukan segala sesuatu dengan mata tertutup adalah cara paling ampuh untuk memfokuskan otak dan memperbaiki daya ingat, contohnya mandi. Cobalah menutup mata saat mandi. Cara ini ditujukan untuk memperbaiki fokus dan memori otak dengan meraba tekstur sampo, sabun, atau sikat gigi.

2. Berdansa
Berdansa adalah kegiatan dan interaksi sosial yang mengembangkan saraf otak serta membuat jantung memompa lebih banyak oksigen dan nutrisi untuk otak. Berdansa juga membantu kemampuan koordinasi dengan tubuh untuk menghapalkan gerakan apa saja yang harus dilakukan.

3. Berpura-pura kidal
Jika tangan Anda dominan menggunakan tangan kanan, maka gunakan tangan kiri, begitu pula sebaliknya. Mualailah dengan tugas sederhana seperti makan atau menyikat gigi dengan menggunakan tangan yang tidak dominan sehingga memaksa otak untuk mempelajari hal biasa dengan cara baru dan membuatnya berkembang.

4. Bermain tenis meja
Olahraga sederhana ini dapat mendongkrak koordinasi antara mata dan otak, serta memberi stimulasi interaksi sosial pada otak. Sangat penting melakukan sesuatu yang belum diketahui otak karena mempelajari hal yang baru merupakan olahraga bagi otak, salah satunya dengan bermain tenis meja.

5. Shopping
Kegiatan ini memiliki manfaat untuk otak meski kadang menguras isi dompet. Ada banyak aktivitas fisik dan mental yang dilakukan ketika berbelanja. Misalnya berjalan-jalan, berkomunikasi, dan menghitung biaya. Masing-masing aktivitas itu dapat menstimulasi serta melatih berbagai bagian otak.

6. Mempelajari sulap
Mempelajari trik sulap, terutama yang sedikit rumit, dapat membuat area abu-abu di otak berkembang. Bagian tersebut merupakan area otak yang bertanggung jawab pada fungsi visual dan aktifitas motorik.

loading...
Loading...
6 Tips cara unik untuk mendongkrak daya ingat | akbar | 4.5