Loading...

6 Tips cara menurunkan berat badan setelah melahirkan

Mengembalikan berat badan pasca melahirkan memang butuh kesabaran. Banyak para ibu yang waktunya tersita demi mengembalikan bentuk tubuh seperti semula. Namun bukan berarti hal ini sulit untuk dllakukan. Dengan beberapa trik dan siasat maka tubuh ideal seperti ketika belum hamil atau berat badan mulai bertambah bisa anda dapatkan.

Berikut ini tips-tips yang dapat membantu menurunkan berat badan setelah melahirkan.

1. Jangan diet
Meski terdengar aneh, mencoba berdiet pasca melahirkan justru akan menggagalkan program penurunan berat badan anda. Rasa stres dengan peran baru sebagai ibu dan kehilangan makanan favorit justru akan menambah berat badan. Tidak masalah kembali ke pola makan sehat karena lapar alami asalkan anda mencukupi kebutuhan 1.800 kalori per hari.

2. Perbanyak makanan bergizi
Nutrisi sangat dibutuhkan ibu yang baru saja melahirkan. Ikan seperti salmon, tuna atau sarden sangat baik karena mengandung DHA, omega 3 dan asam lemak yang membantu perkembanagn otak bayi. Jangan lupa susu dan yogurt untuk perkembangan tulang serta makanan lain seperti daging tanpa lemak, ayam dan kacang-kacangan.

3. Menyusui
Memberi ASI eksklusif ternyata dapat membantu menurunkan berat badan dengan lebih cepat. Menyusui juga akan memberi anda tambahan 300 kalori. Karena itu. Sekarang anda sudah memiliki alasan yang tepat untuk memberikan ASI kepada buah hati.

4. Minum cukup
Jangan lupa, air putih dapat membantu program diet dalam kondisi apapun, termasuk pasca melahirkan. Dengan tubuh yang terhidrasi, maka perut anda akan terasa kenyang lebih lama. Konsumsilah air putih minimal 1,5 liter atau delapan gelas per hari.

5. Aktif bergerak
Selain sehat, dengan bergerak aktif seperti melakukan latihan dan berolahraga juga dapat membantu mengatasi depresi, masalah tidur dan mengurangi stres pada ibu. Olahraga pun tak harus dilakukan di gym dan bisa dilakukan di rumah.

6. Tidur yang cukup
Ibu baru yang tidur lima jam atau kurang di malam hari cenderung bertambah berat badannya. Untuk itu, tidur cukup sangatlah diperlukan. Cobalah untuk tidur lebih awal di malam hari atau menyempatkan waktu sejenak untuk tidur siang.

Loading...
6 Tips cara menurunkan berat badan setelah melahirkan | akbar | 4.5