Loading...

6 Tips cara menghilangkan karang gigi secara alami

Seringkali makanan yang kita konsumsi masih menempel dan tertinggal di celah-celah gigi. Akibatnya, lama kelamaan gigi menjadi berlubang dan juga timbul karang atau kerak pada gigi. Untuk membersihkannya, ada cara yang lebih alami dan murah ketimbang harus ke dokter gigi, seperti berikut ini.

1. Sikat gigi
Rajin menggosok gigi dapat menghilangkan kotoran sisa-sisa makanan di celah gigi. Agar lebih maksimal, biasakan untuk menggosok gigi sehabis makan untuk mencegah karang dan membersihkan sisa makanan yang masih menempel.

2. Apel
Mengunyah buah apel sangat efektif untuk menghilangkan karang gigi. Konsumsilah apel tanpa dikupas kulit luarnya setelah makan. Nutrisi yang terdapat pada kulit apel ini diyakini dapat mengatasi karang pada gigi.

3. Cengkeh
Cengkeh memang dikenal sangat bagus untuk kesehatan gigi. Hal ini pun sudah dilakukan oleh nenek kita yang membersihkan gigi dengan cengkeh dan campuran daun sirih sehingga giginya menjadi kuat. Cengkeh juga dapat membersihkan gigi dari karang. Caranya, tumbuk halus cengkeh yang sudah kering kemudian gosokkan pada gigi.

4. Bata merah
Meski terdegar sedikit ekstrim, cara in terbilang ampuh untuk menghilangkan karang atau kerak di gigi. Hasluskan bata merah lalu gosokkan pada gigi yang terdapat karang hingga benar-benar bersih. Setelah itu, kumur-kumur dengan air untuk membersihkannya.

5. Biji asam kawak
Biji asam kawak yang disangrai kemudian ditumbuk hingga halus dapat digunakan sebagai penghilang karang gigi. Gosokkan hasil tumbukan itu ke gigi yang berkarang. Agar lebih mudah, anda bisa menggunakan sikat gigi.

6. Rokok
Mengurangi kebiasaan merokok bermanfaat untuk mencegah karang dan gigi menguning. Dengan berhenti merokok, maka anda juga turut menjaga kesehatan gigi dan mulut.

loading...
Loading...
6 Tips cara menghilangkan karang gigi secara alami | akbar | 4.5