Loading...

6 Tips Cara Mencegah Bayi Lahir Prematur

Berbagai masalah seringkali menghantui ibu hamil, salah satunya adalah kemungkinan terjadinya kelahiran prematur. Kelahiran prematur atau disebut juga dengan persalinan prematur adalah proses persalinan yang terjadi sebelum kehamilan memasuki minggu ke-37 atau ke-38.

Ketika terjadi persalinan prematur, maka ini akan menyebabkan meningkatkan kemungkinan terjadinya komplikasi medis bagi bayi, terutama masalah pernafasan, oleh karena itu diperlukan adanya pernafasan buatan atau perawatan intensif. Maka dari itu, sangat penting bagi ibu hamil untuk menghindari hal-hal yang bisa menjadi penyebab terjadinya kelahiran prematur.

Ada beberapa cara mencegah kelahiran prematur untuk menghindari komplikasi yang dilakukan oleh ibu hamil, berikut ulasannya seperti yang dilansir laman Boldsky.

1. Menjaga berat badan
Menjaga berat badan yang sempurna sangat penting bagi ibu hamil. Sudah pasti ibu hamil memang akan mengalami kenaikan berat badan, namun naiknya berat badan tersebut harus sesuai dengan usia bayi yang dikandung. Terlalu banyak atau terlalu sedikit kenaikan berat badan tidak baik untuk kehamilan. Karena itu, tetaplah jaga berat badan agar tetap normal guna mencegah kelahiran prematur.

2. Cek gizi diet
Apabila ibu hamil ingin tahu bagaimana mencegah kelahiran prematur, maka perlu mengecek diet harian apakah diet harian sudah terdiri dari semua mineral dan nutrisi yang diperlukan untuk bayi? Ini untuk memastikan kesehatan bayi dalam jangka waktu yang panjang.

3. Menghindari junk food
Mengonsumsi junk food sangat tidak disarankan bagi ibu hamil. Sebaiknya ibu hamil menghindari makanan junk food dan makanan olahan karena itu hanya akan berdampak buruk bagi kesehatan dan berpengaruh terhadap bayi dalam kandungan.

4. Hindari dehidrasi
Hal lain yang juga harus dihindari agar tidak mengalami kelahiran prematur adalah dengan menghindari terjadinya dehidrasi. Maka dari itu, cukupilah minum air putih agar terhindar dari dampak dehidrasi, termasuk juga kemungkinan kelahiran prematur. Setidaknya, minumlah delapan gelas sehari untuk memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh ibu hamil.

5. Istirahat dan rileks
Ibu hamil membutuhkan waktu istirahat yang cukup dan tetap rileks. Hal ini sangat baik untuk ibu yang sedang hamil, terutama untuk mencegah kelahiran prematur.

6. Pemeriksaan medis
Secara rutin lakukan pemeriksaan medis. Tujuannya untuk mengetahui gambaran tentang bagaimana kesehatan ibu hamil dan bayi yang ada dalam kandungan, sehingga bila terjadi sesuatu bisa segera dilakukan tindakan. Tentunya ini bisa mengurangi risiko kelahiran prematur.

loading...
Loading...
6 Tips Cara Mencegah Bayi Lahir Prematur | lawas | 4.5