Loading...

6 Tips bertengkar secara sehat dengan pasangan

Perselisihan dan pertengkaran dalam suatu hubungan tak selamanya berujung negatif. Seringkali perselisihan yang timbul di antara dua sejoli menjadi jembatan untuk lebih mengenal satu sama lain. Terkadang pertengkaran yang berakhir damai malah bisa membuat hubungan kembali hangat. Jadi, pertengkaran juga bisa mendatangkan banyak manfaat positif selama dilakukan dalam batasan yang sehat.

Lalu, bagaimana caranya bertengkar secara sehat dengan pasangan? Berikut tipsnya.

1. Jangan biarkan masalah berlarut-larut
Suatu masalah akan menjadi semakin besar jika dibiarkan berlarut-larut tanpa penyelesaian. Jangan menunda-nunda untuk membicarakannya dengan pasangan atau menunggu sampai kekesalan Anda menumpuk. Jika seperti itu, akan timbul masalah-masalah lain yang bisa membuat hubungan renggang.

2. Pilih waktu yang tepat
Walaupun Anda tidak boleh menunda-nunda membicarakan permasalahan dengan pasangan, Anda tetap harus memperhatikan kapan saat yang tepat untuk mengutarakannya. Tentunya Anda tak ingin mempermalukan diri sendiri dan pasangan dengan bertengkar di tempat umum bukan?

3. Fokus pada permasalahan
Seringkali yang dilakukan kebanyakan orang saat sedang emosi adalah melantur saat bertengkar. Bukannya fokus membahas permasalahan yang saat ini mengganggu, justru malah mengungkit-ungkit masalah lain hanya sekadar untuk melampiaskan kekesalan. Hindari hal ini agar tidak membuat pertengkaran semakin panas.

4. Jangan kasar
Saat sedang emosi, banyak orang mengeluarkan kata-kata kasar untuk meluapkan emosi. Berbicara dengan nada tinggi dan mengeluarkan makian justru membuat emosi pasangan ikut naik. Jadi semarah apapun, pastikan agar kalian tidak sampai mengeluarkan kata-kata kasar satu sama lain.

5. Dengarkan pasangan
Saat bertengkar, sebenarnya kalian sedang mencari solusi untuk menjembatani perbedaan pendapat. Bersikaplah bijak dan jangan egois dengan tidak mau mendengarkan pendapat dan keberatan-keberatannya. Saran dan pendapat dari pasangan mungkin akan menjadi solusi untuk masalah yang sedang dihadapi.

6. Hindari campur tangan pihak lain
Semakin banyak mulut yang berbicara, semakin rumit pula permasalahan yang dihadapi. Pertengkaran Anda dan pasangan adalah urusan pribadi kalian berdua dan hanya anda dan pasangan yang memahami pokok permasalahannya. Campur tangan sahabat atau orangtua bisa jadi malah semakin memperkeruh suasana.

loading...
Loading...
6 Tips bertengkar secara sehat dengan pasangan | akbar | 4.5