Loading...

6 Ramuan Obat Tradisional untuk Mengatasi Hepatitis

Hepatitis adalah proses peradangan pada jaringan hati. Penyakit ini lebih dikenal dengan nama sakit liver atau sakit kuning. Namun tidak semua sakit kuning disebabkan oleh radang hati. Bila tak diatasi, peradangan hati yang populer dengan nama hepatitis ini bisa menyebabkan kematian.

Bahan-bahan tanaman obat untuk membantu proses perbaikan fungsi hati biasanya bersifat hepatoprotektif (melindungi sel hati terhadap pengaruh zat beracun yang dapat merusak dengan memperbaiki dan meningkatkan regenerasi). Bahan-bahan tersebut antara lain kurkumin yang bisa diperoleh dari temulawak dan kunyit, filantin dari meniran, silimarin dari widuran, aukubin dari daun sendok, glycyrrhisic acid dari saga, minyak asiri dari bawang putih, krisofanol dari kelembak, gingerol dari jahe, wedelolakton dari urang-aring, andrografolid dari sambiloto, dan sianidol dari zat samak.

Berikut ini adalah beberapa contoh resep ramuan obat herbal alami untuk mengobati hepatitis dimana sebagian besar bahan-bahan yang digunakan mudah didapatkan disekitar kita:

Ramuan 1
Bahan yang dibutuhkan: 9-15 gram batang bugenfil yang telah dikeringkan, 3 gelas air, dan 1 sendok makan madu.

Cara Membuat: Setelah dibersihkan, potonglah batang bugenfil tipis-tipis. Masukkan dalam panci email sembari ditambah tiga gelas air. Rebus sampai airnya tersisa satu gelas. Setelah dingin, saringlah. Minumlah air saringan setelah ditambah madu. Air saringan diminum dua kali sehari, pagi dan sore, masing-masing setengah gelas.

Ramuan 2
Bahan yang dibutuhkan: 1 jari batang brotowali, 3 gelas air dan 1 sendok makan madu.

Cara Membuat: Cucilah batang brotowali lalu potong-potong seperlunya. Rebuslah dengan tiga gelas air sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin, saringlah dan tambahkan sesendok madu. Minum dua kali sehari, masing-masing setengah gelas.

Ramuan 3
Bahan yang dibutuhkan: 2 buah tomat masak, dan gula pasir secukupnya.

Cara Membuat: Setelah dicuci, potong-potonglah buah tomat untuk dijadikan jus. Namun, bila tidak mempunyai alatnya, buah tersebut bisa direbus dengan air secukupnya. Setelah mendidih, lumat atau giling, kemudian diperas. Air perasan ditambahi sediki gula baru kemudian diminum dua kali sehari.

Ramuan 4
Bahan yang dibutuhkan: 1 jari rimpang kunyit, dan 1 sendok makan madu.

Cara Membuat: Rimpang kunyit dicuci bersih lalu diparut. Tambahkan sedikit air pada parutan. Parutan kemudian disaring dan tambahkan madu. Minumlah tiga kali sehari.

Ramuan 5
Bahan yang dibutuhkan: 2 jari rimpang segar temulawak, dan madu secukupnya.

Cara Membuat: Rimpang temulawak dikupas kulitnya, lalu dicuci bersih. Bilas dengan air matang kemudian diparut. Tambahkan setengah cangkir air hangat dan satu sendok makan madu. Aduk merata lalu peras dan saringlah. Air saringan diminum sehari dua kali sehari.

Ramuan 6
Bahan yang dibutuhkan: 3 buah mengkudu masak atau segenggam kulit mengkudu, 1 lembar daun pisang, sepotong kain, dan cuka secukupnya.

Cara I: Buah mengkudu dicuci lalu dibilas dengan air matang. Parut dan peraslah dengan sepotong kain. Air perasan diminum.

Cara II: Untuk pemakaian luar, kulit mengkudu ditumbuk halus lalu diaduk dengan sedikit cuka. Bungkus ramuan dengan daun pisang. Panaskan sebentar di atas api atau dikukus. Dalam keadaaan hangat, tempelkan bungkusan tersebut pada perut kanan atas, tempat hati yang sedang membengkak dan sakit.

Meski sudah mengonsumsi ramuan obat tradisional untuk hipertensi di atas, namun sebaiknya penderita tetap melakukan konsultasi pada dokter bila memakai resep-resep di atas.

loading...
Loading...
obat tradisional penyakit kuning, obat herbal hepatitis, obat tradisional hepatitis, obat liver, obat tradisional liver, obat sakit kuning tradisional, tanaman obat liver, obat tradisional penyakit liver, obat herbal liver, obat alami hepatitis, obat liver alami, Obat Liver Tradisional, Obat alami penyakit kuning, obat tradisional sakit kuning, obat hepatitis tradisional, obat herbal penyakit kuning, obat alami liver, ramuan obat liver bengkak, obat herbal penyakit liver, obat tradisional penyakit liver dan cara meracik obatnya, obat tradisional hepatitis a, obat herbal hepatitis A, ramuan obat tradisional liver, obat tradisional liver bengkak, obat sakit kuning, cara mengobati penyakit kuning, obat alami hepatitis a, obat alami penyakit liver, obat alami sakit kuning, obat tradisional untuk liver

6 Ramuan Obat Tradisional untuk Mengatasi Hepatitis | chsa | 4.5