Loading...

6 Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Mulut

Bau mulut pastilah akan sangat menggangu dan bahkan ini bisa jadi hal yang sangat memalukan. Ya, mau tak mau kita harus berusaha meminimalisir untuk berbicara dengan orang lain, atau kalaupun harus berbicara dengan orang lain dalam jarak dekat kita harus menutupi mulut kita. Bila sudah demikian, maka rasa percaya diri kita pun akan hilang.

Ada banyak cara untuk mengatasi bau mulut yang bisa dilakukan, namun sebelumnya kita harus tahu terlebih dahulu apa penyebab bau mulut yang kita alami tersebut. Karena itu, berikut ini akan kami ulas mengenai penyebab dan cara mengatasi bau mulut.

1. Mulut kering
Mulut kering menyebabkan bakteri penyebab bau mulut bisa dengan mudah dan cepat berkembang di dalam mulut. Mulut yang kering biasanya terjadi karena kita sering bernapas melalui mulut, tidur dengan mulut terbuka, dan bisa juga karena kita pendengkur berat. Karena itu, cobalah untuk membiasakan bernapas melalui hidung ketika tidur. Dari pada merokok, lebih baik mengunyah permen karet karena itu bisa membantu merangsang produksi air liur.

2. Obat kumur
Obat kumur seharusnya digunakan untuk membunuh bakteri dan kuman dalam mulut sehingga bisa membantumelawan atau meminimalisir bau mulut. Namun sebenarnya itu tergantung dari jenis obat kumur yang kita gunakan. Jika obat kumur tersebut mengandung alkohol yang tinggi, maka itu justru akan menyebabkan mulut menjadi cepat kering sehingga pada akhirnya akan menimbulkan bau mulut.

3. Flu
Memang menjengkelkan saat kita sedang flu. Selain membuat kita merasa tidak nyaman karena kesulitan bernapas, yang akhirnya kita harus bernapas dengan mulut, padahal bernapas melalui mulut ini berpotensi menyebabkan mulut kering yang menyebabkan bau mulut.

4. Sarapan
Sangat penting untuk mengonsumsi makanan yang yang sehat saat sarapan. Terkadang tanpa kita sadari kita mengonsumsi makanan penyebab bau mulut seperti pete dan jengkol. Karena itu, setelah mengonsumsi makanan penyebab bau mulut sebaiknya segera bersihkan mulut baik dengan berkumur atau gosok gigi.

5. Diet rendah karbohidrat
Ada banyak orang yang berkeinginan untuk bisa menurunkan berat badan. Salah satu caranya adalah dengan cara diet dengan cara mengurangi asupan karbohidrat. Padahal, mengurangi asupan karbohidrat bisa menjadi penyebab masalah bau mulut.

6. Kurang cairan
Untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi, sebaiknya tubuh kita selalu tercukupi cairannya. Salah satu manfaat dari tubuh selalu terhidrasi adalah jaminan produksi air liur yang melimpa yang akan membasuh bakteri penyebab bau mulut dan mencegah mulut menjadi kering.

loading...
Loading...
cara menghilangkan lingkaran hitam di bibir

6 Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Mulut | akbar | 4.5