Loading...

6 Penyakit yang Mungkin Muncul Akibat Meletusnya Gunung Berapi

Penyakit Akibat Hujan Abu Vulkanik Setelah Erupsi Meletusnya Gunung BerapiTahun ini sepertinya menjadi tahun bencana bagi Indonesia. Setelah beberapa waktu yang lalu terjadi longsor dan banjir di beberapa daerah, kini muncul lagi bencana alam, yaitu meletusnya gunung Sinabung dan gunung Kelud.

Ketika gunung berapi meletus, maka biasanya akan dikuti juga dengan hujan abu vulkanik yang tentu saja ini akan menyebabkan berbagai gangguan dan dampak buruk. Selain dapat merusak tanaman, abu vulkanik akibat gunung meletus juga bisa mengganggu kesehatan, baik itu hewan maupun bagi manusia. Biasanya, penyakit yang muncul akibat meletusnya gunung berapi adalah penyakit yang berhubungan dengan saluran pernapasan.

Berikut ini adalah beberapa gangguan kesehatan atau penyakit yang perlu untuk diwaspadai pasca terjadinya erupsi gunung berapi:

  1. Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA)
  2. Infeksi Saluran Pernafasan Bawah (pneumonia dan bronkhitis)
  3. Alergi, radang atau iritasi pada mata
  4. Alergi, infeksi atau iritasi pada kulit
  5. Gangguan saluran pencernaan
  6. Semakin memburuknya penyakit kronik, baik karena daya tahan tubuh yang turun maupun stress atau lalai makan obat.

Itulah beberapa macam penyakit yang bisa muncul akibat dari meletusnya gunung berapi. Untuk mencegah kemungkinan terjadinya gangguan penyakit di atas, maka ada beberapa hal yang dapat kita lakukan. Selengkapnya bisa anda baca di cara mencegah kemungkinan munculnya penyakit akibat erupsi gunung berapi.

loading...
Loading...
akibat gunung meletus, penyakit pasca bencana gunung meletus, penyakit setelah gunung meletus, penyakit yang muncul saat gunung meletus

6 Penyakit yang Mungkin Muncul Akibat Meletusnya Gunung Berapi | chsa | 4.5