Loading...

6 Manfaat kangkung yang perlu anda ketahui

Kangkung adalah salah satu makanan khas Indonesia yang terkenal murah meriah dan lezat. Sayuran ini juga sudah sangat akrab bagi masyarakat kota maupun pedesaan. Selain rasanya yang lezat, tumis atau plecing kangkung juga dikenal menyehatkan dan bergizi.

Ada banyak nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam kangkung. Apa saja manfaat kesehatan yang didapat bila kita mengonsumsi kangkung? Berikut daftarnya:

1. Kaya mineral
Sayuran kangkung ternyata juga mengandung mineral dan nutrisi yang sangat lengkap. Ada vitamin A, C, B kompleks, asam folat, piridoksin, niasin, riboflavin. Selain itu masih ada kalsium, mangan, besi, magnesium, tembaga, kalium dan seng. Semua zat gizi ini tentu memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

2. Antioksidan
Seperti sayuran hijau lainnya, kangkung memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Antioksidan jenis phyuto yang terdapat dalam kangkung bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang menyebabkan banyak masalah kesehatan.

3. Bau mulut
Anda yang punya masalah dengan bau mulut, makanlah kangkung yang direbus setengah matang. Kandungan minyak estragole, cineol, icomene, dan phellandrene mampu membunuh mikroba serta mengurangi dan menghilangkan bakteri yang menyebabkan bau di mulut Anda.

4. Mengontrol trombosit
Makan kangkung secara teratur juga memiliki manfaat untuk mengontrol jumlah trombosit darah. Selain itu, zat tertentu dalam kangkung dapat mencegah pembekuan darah di pembuluh darah jantung serta otak.

5. Obat sakit gigi
Bila Anda mengalami sakit gigi, maka kunyahlah beberapa buah daun kangkung yang masih mentah. Minyak esensial bernama eugenol yang terkandung dalam kangkung memiliki kemampuan antiseptik serta anestesi bagi sakit gigi Anda.

6. Diabetes
Kangkung ternyata memiliki manfaat bagi penderita kencing manis. Senyawa poli-fenolik dalam sayuran rawa ini bermanfaat menurunkan gula darah bagi penderita diabetes.

loading...
Loading...
6 Manfaat kangkung yang perlu anda ketahui | akbar | 4.5