Loading...

6 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Selain bawang merah atau yang dikenal dengan sebutan brambang, masih ada lagi satu jenis bawang yang lain, yaitu bawang putih. Sama seperti bawang merah, bawang putih juga merupakan salah satu bumbu masakan yang memberikan aroma dan rasa sedap dalam setiap makanan. Namun juga sama seperti pada bawang merah, bawang putih juga bisa menyebabkan bau mulut. Padahal, ada banyak sekali manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh bila kita mengonsumsi bawang putih.

Sebagai informasi, beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan misalnya:

1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Secara rutin mengonsumsi bawang putih bisa menurunkan tekanan darah 7-8% pada penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi, demikian menurut penelitian. Tidak hanya bagi penderita tekanan darah tinggi, bahkan efek menurunkan tekanan darah ini juga bisa terjadi pada orang yang memiliki tekanan darah normal.

2. Mencegah pengerasan pembuluh darah

Seiring dengan bertambahnya usia seseorang, efek pengerasan pembuluh darah akan lebih sering terjadi dan meningkat. Hal ini bisa dikurangi dengan mengonsumsi bawang putih.

3. Menjaga kesehatan jantung

Ketika tekanan darah tinggi menurun dan menjadi normal kembali serta kesehatan pembuluh darah terjaga, maka artinya anda akan terhindar dari penyakit jantung. Konsumsilah satu siung bawang putih setiap hari untuk membantu menjaga kesehatan jantung anda.

4. Mencegah kanker saluran pencernaan

Tidak hanya baik bagi jantung, mengonsumsi bawang putih juga punya dampak baik bagi sistem pencernaan anda. Mengonsumsi bawang putih bisa melindung saluran cerna tubuh dari kanker usus besar, kanker rektal dan juga kanker lambung.

5. Mencegah gigitan kutu

Menurut hasil penelitian, bawah mereka yang punya kebiasaan mengonsumsi bawang putih memiliki frekuensi gigitan kutu lebih sedikit daripada mereka yang tidak mengkonsumsi bawang putih.

6. Mengobati infeksi jamur

Anda tentu sudah sering membaca tentang manfaat bawang putih sebagai bahan obat tradisional, salah satunya adalah untuk mengobati jamur di kulit. Karena memang metode pengobatan infeksi jamur dengan jel bawang putih bisa memberikan hasil yang memuaskan seperti pada pengobatan infeksi jamur dengan obat-obat antijamur yang sudah ada.

Namun menurut hasil dari penelitian yang dilakukan di Department of Family and Social Medicine, Albert Einstein College of Medicine of Yeshiva University, Bronx, New York ditemukan juga bahwa bawang putih memiliki efek antipembekuan darah. Sehingga bagi anda atau siapa saja yang akan menjalani prosedur operasi sebaiknya menghentikan konsumsi bawang putih 7-10 hari sebelum operasi dilakukan.

loading...
Loading...
bawang merah obat ganglion, gambar bawang perai, bawang putih bisakah kempeskan uci uci, kempeskan ganglion

6 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan | akbar | 4.5