Loading...

6 Makanan yang mampu mengatasi sakit kepala

Rasa nyeri di kepala terkadang sering menyerang secara tiba-tiba. Rasa nyeri yang muncul bisa terasa di bagian yang berbeda-beda seperti, bagian depan, samping, dan belakang kepala. Akibat terasa sakit di kepala tersebut tak jarang sering mengganggu aktifitas yang sedang kita lakukan.

Sakit kepala disebabkan karena gejala dari sejumlah ketidakseimbangan fisik dan juga mental. Untuk meredakan rasa nyeri akibat sakit kepala, biasanya dilakukan dengan meminum obat penahan nyeri atau obat khusus sakit kepala. Namun ada beberapa cara sehat yang bisa kita lakukan untuk meredakan sakit kepala yang sedang kita derita. Berikut ulasan mengenai jenis makanan yang mampu meredekan sakit kepala :

1. Buah Pisang

Buah pisang yang mengandung magnesium dan potasium ini mampu meredakan rasa nyeri di bagian kepala, kekurangan magnesium memang bisa mengakibatkan terasa nyeri di kepala. Selain buah pisang, ada beberapa jenis makanan lain yang juga memiliki magnesium di dalamnya seperti, beras merah, kacang-kacangan, alpukat dan almon. Jadi jika anda sedang mengalami sakit kepala, bisa saja itu karena kadar megnesium dalam tubuh anda kurang, sebaiknya konsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung magnesium untuk mengatasinya.

2. Kentang

Kehilangan elektrolit dan kalium pada tubuh juga menjadi penyebab sakit kepal. Ketika kadar kalium dalam tubuh mulai mengurang dan bahkan hilang maka efeknya kepala anda akan terasa nyeri. Jika sudah demikian, sebaiknya anda mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalium seperti kentang ini. Kentang dipercaya memiliki 100 gram kalium didalamnya, dan akan menjadi 600 gram jika kentang tersebut dipanggang beserta kulitnya. Bagi anda yang tida-tiba merasakan nyeri dibagian kepala, silahkan anda langsung mengkonsumsi kentang yang kaya akan kalium dan mampu meredakan sakit kepala tersebut.

3. Buah Semangka

Selain dari hilangnya beberapa zat dalam tubuh seperti yang dijelaskan diatas, dehidrasi juga mengakibatkan rasa sakit di kepala. Jika sakit kepala anda karena dehidrasi, maka sebaiknya anda mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung air seperti semangka. Selain itu, semangka juga mengandung magnesium yang juga bisa mengakibatkan sakit kepala jika kita kekurangan magnesium dalam tubuh.

4. Kopi

Meski kafein tidak baik untuk tubuh, namun kafein memiliki manfaat yang mampu meredakan sakit kepala paling efektif. Dan ternyata kafein juga mampu membantu obat sakit kepala menyerap rasa nyeri dengan cepat. Tapi jika anda sedang merasakan nyeri di kepala kemudian mengkonsumsi kopi dalam jumlah banyak maka itu bisa mengembalikan lagi rasa sakit kepala anda tersebut. Dianjurkan untuk mengkonsumsi kopi hanya sebanyak 2 atau 3 gelas perhari, karena itu mampu meredekan rasa sakit di kepala anda.

5. Jahe

Jahe yang memiliki sifat anti peradangan dan anti histamin selain mampu mengatasi mual, jahe juga bisa kita gunakan untuk mengatasi sakit kepala. Untuk cara mengkonsumsinya anda bisa memasaknya atau bisa juga mencampurnya dengan minuman lain seperti teh.

6. Ikan

Ikan yang mengandung lemak dan omega-3 seperti yang dimilki ikan salmon memang mampu mengatasi rasa sakit di kepala. Kandungan asam lemak omega-3 yang dimilikinya mampu menghambat peradangan yang biasanya memicu migrain. Selain dari ikan salmon, masih ada beberapa makanan yang juga mengandung omega-3 di dalamnya seperti, walnut, tahu, kacang kedelai dan juga biji rami.

Ketika sakit kepala menyerang, jika biasanya anda langsung mengkonsumsi obat penahan rasa sakit kepala tersebut, maka sebaiknya lakukan cara di atas. Makanan dan minuman terebut juga mampu mengatasi sakit kepala anda dan jauh lebih sehat dibanding anda mengkonsumsi obat-obatan.

loading...
Loading...
manfaat kepala kambing, cara membuat sabu sabu palsu, obat tradisional kepala oyong, cara cepat bikin sabu, snapchat bunga di kepala, gambar kepala di perban, cara menghilangkan rasa oyong, penyebab sakit kepala setelah memakai sabu

6 Makanan yang mampu mengatasi sakit kepala | akbar | 4.5