Loading...

6 Makanan yang Bisa Membantu untuk Menyehatkan Mata

Mata merupakan jendela dunia. Tanpa mata kita akan kesulitan untuk melihat betapa indahnya dunia ini. Karena itu kita harus menjaga kesehatan mata agar dapat berfungsi secara maksimal.

Sebagai salah satu organ yang mempunya fungsi vital, maka kesehatan mata perlu dirawat dan terus ditingkatkan. Diantaranya yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan yang sehat dan bernutrisi. Misalnya adalah makanan yang mengandung vitamin A, DHA, dan lutein.

Gambar Makanan untuk Menjaga Kesehatan Mata

Sumber Asupan Nutrisi untuk Kesehatan Mata

Daftar Makanan untuk Menjaga Kesehatan Mata

Ada beberapa makanan sehat yang bisa membantu menjaga kesehatan mata agar fungsinya tetap bisa maksimal tanpa ada gangguan. Berikut ini adalah makanan untuk menjaga kesehatan mata yang bisa dikonsumsi sebagaimana dikutip dari laman medsavailable.com:

1. Wortel.
Wortel kaya akan kandungan beta-karoten, yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh seseorang. Vitamin ini membantu mengonversi lemak menjadi energi. Beta-karoten merupakan antioksidan untuk memerangi secara efektif terhadap beberapa jenis kanker. Dalam hal mata, beta-karoten bisa membantu pertahankan lapisan permukaan mata. Sementara vitamin A membantu pertahankan integritas kulit serta selaput lendir, yang bekerja sebagai penghalang terhadap virus dan bakteri.

2. Ikan
Dengan kadar DHA yang tinggi, zat ini bisa memberikan dukungan struktural pada membran sel. Hal ini sangat dianjurkan bagi orang yang menderita mata kering atau degenerasi makula, dan juga bermanfaat bantu merawat mata. Jenis ikan yang paling bisa dinikmati seperti ikan cod, tuna, sarden, dan makarel.

3. Sayuran berdaun hijau
Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung memiliki karotenoid, termasuk di dalamnya zeaxathin dan lutein. Lutein pigmen kuning membantu melindungi makula dari cahaya biru serta dari sinar berbahaya dari matahari.

4. Telur
Telur kaya akan kandunagn belerang, asam amino, lesitin, sistein, dan lutein yang juga berkontribusi merawat mata. Senyawanya yang mengandung belerang membantu melindungi lensa mata dari pembentukan katarak.

5. Bawang
Bawang putih, bawang merah, dan bawang ceper merupakan produk bumbu dapur yang memiliki kandungan belerang tinggi. Sulfurnya diperlukan memproduksi alam glutathione, yang menjadi antioksidan penting bagi tubuh dan khusus pada lensa mata seseorang.

6. Anggur dan blueberry
Buah-buahan yang kaya anthocyanin dikenal bisa meningkatkan penglihatan mata pada malam hari. Studi menunjukkan saat mata beradaptasi ke gelap, kesiapan mata meningkat dalam waktu 30 menit setelah konsumsi selai buah frambos kecil atau secangkir blueberry.

Itulah beberapa makanan yang layak untuk dikonsumsi guna terus menjaga kesehatan mata kita.

loading...
Loading...
6 Makanan yang Bisa Membantu untuk Menyehatkan Mata | akbar | 4.5