Loading...

6 Makanan sumber karbohidrat

Tubuh sangat memerlukan karbohidrat. Karbohidrat merupakan jenis nutrisi yang bisa menghasilkan energi untuk tubuh. Sumber karboidrat banyak terdapat di dalam makanan-makanan pokok sehari-hari.

Karbohidrat memang sangat penting bagi tubuh, kegunaan karbohidrat itu sendiri sebagai sumber energi untuk tubuh. Tubuh yang kekurangan karbohidrat akan mengalami kekurangan energi dan itu akan berdampak pada diri kita dan tentu tidak bisa melakoni aktifitas sehari-hari. Selain nasi yang menjadi sumber karbohidrat untuk tubuh, ada beberapa jenis makanan lain yang ternyata juga memiliki kandungan karbohidrat tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh, berikut makanan yang mengandung karbohidrat :

1. Padi Atau Nasi

Padi yang diolah menjadi nasi memang mengandung karbohidrat tinggi, namun karbohidrat yang terdapat pada nasi merupakan karbohidrat sederhana yang mudah terurai menjadi gula dalam tubuh. Sejatinya, tubuh membutuhkan 1000 gram karbohidrat tiap harinya, dan karbohidrat yang baik adalah karbohidrat komplek yang tidak mudah terurai, karena dengan karbohidrat ini maka kita akan lebih lama memiliki energi untuk dapat melakukan aktifitas sehari-hari dan tak mudah lemas atau lesu.

2. Jagung

Di indonesia, selain nasi ada satu jenis makanan yang juga mengandung karbohidrat tinggi yakni jagung. Jagung memiliki kandungan asam folat dan serat yang sangat baik untuk tubuh. Anda bisa mengkonsumsi jagung dengan berbagai macam cara, bisa dengan merebusnya, membakarnya serta bisa juga menjadikannya nasi jagung sebagai sumber karbohidrat untuk tubuh kita.

3. Singkong

Jenis makanan yang salanjutnya yang juga mengandung karbohidrat adalah singkong. Tentu anda tahu jenis makanan yang satu ini, singkong banyak di temui di daerah kita, makanan yang termasuk dalam spesies umbi ini memang sangat banyak mengandung karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh. Biasanya singkong di konsumsi dengan banyak fariasi, bisa hanya dengan merebusnya, menggorengnya dan bisa juga dengan mengolahnya menjadi penganan lain.

4. Sagu

Sagu banyak ditemukan di daerah timur Indonesia, seperti maluku dan papua. Biasanya sagu dioleh menjadi makanan seperti bubur dan dikonsumsi dengan makanan lain. Karena sagu juga banyak mengandung karbohidrat, maka sebagian masyarakat indonesia bagian timur tersebut menggunakan sagu sebagai makanan pokok mereka.

5. Kentang

Kandungan kalori dan karbohidrat rendah yang ada di dalamnya menjadikannya sebagai salah satu makanan untuk diet. Kentang memang makanan dengan rasa yang gurih dan nikmat. Kita bisa mengkonsumsi kentang dengan banyak cara pula, bisa menggorengnya, merebus dan lain sebagainya.

6. Gandum

Makanan yang selanjutnya adalah gandum. Gandum juga memiliki banyak karbohidrat di dalamnya. Biasanya gandum diolah menjadi oat, yakni jenis makanan cereal yang diolah dan siap disajikan secara instan. Oat juga sangat sering dijadikan sebagai makanan untuk sarapan pagi yang dicampur dengan susu agar menghasilkan rasa yang lebih nikmat dan mampu menjadi sumber energi untuk mengawali pagi kita.

Karbohidrat sangat dibutuhkan tubuh untuk memberikan energi dalam tubuh yang kita gunakan untuk menjalani aktifitas sehari-hari. Jadi, mari kita penuhi asupan karbohidrat dalam tubuh kita dengan makanan-makanan yang banyak mengandung karbohidrat tersebut.

loading...
Loading...
6 Makanan sumber karbohidrat | akbar | 4.5