Loading...

6 Makanan Sehat untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak

Makanan untuk Membantu Meningkatkan Kecerdasan OtakAdalah bukan hal yang mustahil untuk meningkatkan kecerdasan otak. Selain dengan melakukan pelatihan untuk merangsang perkembangan otak, meningkatkan kecerdasan otak juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat tertentu.

Berikut ini adalah enam makanan sehat yang bisa bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan otak seperti yang dikutp dari laman Daily Health Post (Kamis, 27/07/2013).

1. Kenari
Kenari kaya akan omega-3. Zat ini dan kandungan antioksidan lain dalam kenari bisa mengurangi peradangan otak. Bahkan, kenari juga bisa melindungi otak dari penyakit demensia dan Alzheimer.

2. Beri
Buah beri kaya akan kandungan antioksidan yang bisa mengurangi tingkat stres seseorang. Seperti halnya kenari, buah beri juga diklaim bisa mencegah Alzheimer. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan, blueberi bisa meningkatkan memori dan kognisi otak. Selain itu, blueberi juga memperlambat penuaan.

3. Bayam
Sayuran berdaun hijau seperti bayam bisa memperlambat penurunan kognisi akibat penuaan. Ini disebabkan karena tingginya kadar folat dalam bayam. Studi juga telah menemukan bahwa orang yang makan lebih banyak sayuran pada umumnya cenderung memiliki kemampuan otak yang lebih baik lagi dalam hidup.

4. Kafein
Untuk jangka pendek, kafein bisa meningkatkan kemampuan otak. Secangkir kopi atau teh bisa dengan cepat meningkatkan kemampuan kognitif seseorang. Sebab, kafein akan meningkatkan konsentrasi. Meskipun demikian, hindari untuk mengonsumsi kafein dalam jangka waktu yang panjang. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi kafein dalam jangka panjang justru akan memperburuk kondisi kesehatan.

5. Ikan
Ikan, terutama salmon, adalah salah satu sumber alami terbaik dari omega-3, yang benar-benar penting untuk fungsi otak. Omega-3 juga memiliki sifat anti-inflamasi. Kandungan ini juga bisa mencegah demensia dan membantu memperlambat penurunan kognisi akibat penuaan.

6. Wortel
Wortel mengandung senyawa yang disebut luteolin, yang berfungsi untuk mengurangi peradangan otak. Para ilmuwan percaya bahwa dengan mengurangi peradangan, luteolin bisa membantu mengurangi penurunan memori yang berkaitan dengan usia. Selain dalam wortel, luteolin juga bisa didapat daripaprika dan seledri.

loading...
Loading...
6 Makanan Sehat untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak | chsa | 4.5