Loading...

6 Kegiatan yang bisa dilakukan saat menganggur

Menganggur atau tidak memiliki pekerjaan memang tidak mengenakkan. Meski sudah berkali-kali mengirim resume namun kita masih belum mendapat panggilan. Terkadang, banyak orang yang merasa frustrasi karena memikirkan masalah yang sedang dihadapinya saat ini. Untuk menghindarinya, cobalah beberapa kegiatan berikut yang bisa dilakukan saat sedang menganggur.

1. Buat jadwal kegiatan
Manfaatkan waktu luang sebaik mungkin dengan membuat jadwal kegiatan yang efisien. Misalnya dengan fokus mencari pekerjaan seperti mencari perusahaan-perusahaan mana saja yang bisa dilamar. Kirimkan CV secepatnya dan catat pula bila ada jadwal wawancara agar waktunya tidak bertabrakan.

2. Kurangi aktifitas bersosial media
Jangan terlalu sering membuka akun sosial media anda. Online lah seperlunya dan untuk hal positif seperi mencari lowongan pekerjaan. Selain itu, melihat teman-teman anda yang sudah bekerja atau sedang berada di karir impian tentu akan membuat kita tertekan dan stres.

3. Cari informasi tentang pekerjaan
Selain mencari info lowongan kerja, gunakan juga waktu luang untuk mencari tahu segala informasi tentang pekerjaan yang anda incar atau yang akan digeluti. Selain menghindari kebingungan saat wawancara, anda juga akan memiliki bayangan tentang pekerjaan tersebut jika nanti diterima.

4. Meditasi atau olahraga
Agar rasa cemas dan tertekan berkurang, cobalah bermeditasi atau olahraga agar pikiran lebih tenang. Selain dapat membuat stres hilang sejenak, tubuh juga akan semakin sehat dan lebih rileks dan pikiran menjadi segar kembali untuk mencari pekerjaan baru.

5. Berlibur
Meski sedang menganggur, bukan berarti anda tak boleh liburan. Luangkan waktu untuk berwisata dan menjalankan hobi agar pikiran stres teralihkan. Namun sebaiknya, pastikan anda sudah memiliki bajet untuk liburan dan tidak mengganggu keuangan ke depannya. Ingat, anda belum bekerja dan tidak memiliki pemasukan tetap.

6. Jadi sukarelawan
Cobalah gunakan waktu luang dengan kegiatan positif seperti menjadi sukarelawan. Selain dapat menghilangkan stres dan membuat waktu kosong menjadi bermanfaat, hal ini bisa menjadi nilai lebih dalam CV anda sebagai kemampuan berorganisasi.

loading...
Loading...
6 Kegiatan yang bisa dilakukan saat menganggur | akbar | 4.5