Loading...

6 Kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan

Tanpa disadari ada banyak kegiatan yang kita lakukan sehari-hari yang berpotensi mengganggu kesehatan. Meski terdengar sepele, kebiasaan-kebiasaan tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit tertentu. Sebaiknya kebiasaan ini pun harus dihindari agar tubuh tetap sehat. Apa saja kebiasaan-kebiassan buruuk itu? Berikut daftarnya.

1. Menyilangkan kaki terlalu lama
Duduk dengan kaki menyilang dapat meningkatkan tekanan darah di sekitar kaki dan lutut. Hindari menyilangkan kaki di lutut selama 15 menit dengan posisi sama dan di tempat yang sama selama lebih dari 45 menit. Sesekali berdiri dan berjalanlah agar darah tidak menggumpal di tubuh bagian bawah saja.

2. Tidur dengan posisi tengkurap
Meski posisi tengkurap dapat memudahkan orang untuk cepat tidur, posisi ini sangat tidak disarankan untuk waktu tidur yang cukup lama. Posisi leher yang tidak semestinya dapat mengganggu sirkulasi darah ke sekujur tubuh.

3. Meregangkan tubuh saat tidur
Banyak orang meregangkan tubuhnya saat bangun tidur atau yang lebih dikenal dengan istilah ngulet. Jika diteruskan, kebiasaan ini dapat merusak persendian tulang belakang sehingga mengakibatkan sakit punggung dan leher. Setelah bangun tidur, sebaiknya langsung bangun untuk berjalan atau beraktifitas ringan.

4. Membawa tas di bahu yang sama
Membawa tas yang disampingkan di bahu pada sisi yang sama dapat mengakibatkan ketidakseimbangan otot serta menyebabkan nyeri dan pegal, apalagi jika bobot tas tersebut cukup berat. Cobalah untuk bergantian membawa tas antara bahu kanan dan kiri untuk menghindari cedera atau sakit permanen.

5. Terlalu kencang memakai ikat pinggang
Menggunakan ikat pinggang terlalu kencang dalam jangka waktu lama akan menekan perut serta organ di dalamnya sehingga mengganggu proses pencernaan. Kenakan ikat pinggang dalam ukuran normal dan nyaman untuk dipakai saat duduk, membungkuk serta bisa bernapas dengan normal.

6. Memakai jeans terlau ketat
Skinny jeans atau jeans dengan potongan ketat di tubuh memang sedang tren. Namun jika terlalu sering menggunakannya maka akan menyebabkan masalah pada kesehatan. Selain membatasi gerak tubuh, celana jeans yang terlalu ketat juga dapat menghambat peredaran darah.

loading...
Loading...
6 Kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan | akbar | 4.5