Loading...

6 Jenis makanan yang dapat menurunkan daya berpikir

Disadari atau tidak, ada beberapa jenis makanan yang kita konsumsi yang akan mempengaruhi kesehatan tubuh, termasuk kemampuan berpikir dan kecerdasan otak. Nutrsi serta kandungan zat dari makanan tersebut tentunya akan semakin menurunkan daya berpikir apabila terus dikonsumsi secara kontinyu.

Karena itu, agar kemampuan berpikir anda tidak semakin menurun, maka hindarilah atau minimal mengurangi makanan-makanan berikut ini:

1. Fast food
Makanan cepat saji memang praktis dan nikmat. Namun kebiasaan mengonsumsi makanan seperti fried chicken, sandwich, hamburger, pizza, french fries secara berlebihan akan berpengaruh pada kemampuan berpikir seseorang. Bahkan, mengonsumsi fast food sejak dini akan membuat IQ turun secara konstan.

2. Penganan manis
Makanan atau minuman manis seperti kue, sirup atau minuman bersoda memiliki kandungan gula yang tinggi. Selain menyebabkan obesitas dan diabetes, penganan bercita rasa manis juga akan menurunkan kemampuan otak untuk berpikir.

3. Permen karet
Orang mengunyah permen karet sebelum dan selama melakukan berbagai kegiatan yang membutuhkan kemampuan berpikir, seperti belajar dan bekerja, akan mengalami gangguan memori jangka pendek.

4. Lemak jenuh
Makanan yang mengandung lemak jenuh dapat memperlambat kemampuan otak untuk berpikir. Biasanya lemak jenuh terdapat pada minyak atau mentega yang digunakan untuk mengolah makanan.

5. Makanan olahan
Kurangi konsumsi makanan olahan atau buatan pabrik seperti kornet, sosis, nugget, mi instan dan lainnnya. Selain kandungan nutrisi dan gizinya yang kurang memenuhi kebutuhan tubuh, makanan olahan juga berpengaruh buruk pada fungsi otak.

6. Gorengan
Selain mengandung lemak jenuh, gorengan juga dapat menurunkan daya berpikir. Tak hanya itu, pengolahan gorengan dengan bahan-bahan yang kurang higienis juga berbahaya bagi kesehatan. Kurangilah konsumsi makanan yang digoreng demi menjaga kesehatan otak.

Loading...
6 Jenis makanan yang dapat menurunkan daya berpikir | akbar | 4.5