Loading...

6 Cara Menjaga Kesehatan Payudara Wanita

Payudara bagi wanita adalah sebuah aset. Selain sebagai sumber produksi ASI, payudara juga berfungsi sebagai daya tarik seksual bagi pria. Oleh karenanya, payudara harus dirawat dengan baik dan dijaga kesehatannya. Jangan sampai tiba-tiba vonis dokter menyatakan bahwa payudara Anda harus segara diangkat karena kanker payudara atau hal yang tidak diinginkan lainnya.

Untuk cara menjaga kesehatan payudara, ada beberapa tips yang bisa coba wanita lakukan, di antaranya:

1. Gunakan bra yang pas
Seiring dengan berjalannya waktu, payudara wanita akan dipenuhi dengan lemak yang membuat payudara wanita jadi mengendor. Untuk menghindari payudara kendor, gunakanlah bra dengan ukuran yang pas. Jangan lupa untuk mengganti bra jika Anda sudah merasa tidak nyaman lagi saat memakainya.

Penggunaan bra khusus untuk olahraga saat sedang olahraga juga bisa menopang dan mengurangi guncangan payudara saat Anda aktif bergerak.

2. Hindari polusi
Beberapa penelitian telah membuktikan tentang adanya hubungan antara kanker payudara dengan polusi udara. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindarilah menghirup udara yang tidak segar demi menjaga kesehatan payudara Anda.

3. Hindari minum alkohol
Penelitian membuktikan bahwa resiko terkena kanker payudara akan semakin tinggi saat wanita banyak minum alkohol. Jadi, untuk menghindari terkena kanker payudara, kurangi mengkonsumsi alkohol, jika perlu hentikan minum alkohol.

4. Rajin olahraga
Otot punggung wanita akan semakin lemah seiring bertambahnya umur. Akibatnya payudara wanita jadi terlihat lebih turun dibandingkan saat masih muda. Untuk mencegah masalah payudara wanita turun bisa dilakukan dengan cara aktif dan rajin olahraga.

5. Kurangi berat badan
Obesitas merupakan pemicu munculnya berbagai macam penyakit. Misalnya penyakit jantung, diabetes, hingga kanker payudara.

Seiring bertambahnya usia, berat badan wanita cenderung semakin bertambah. Jadi untuk wanita, sebaiknya Anda menjaga berat badan ideal dengan cara diet yang sehat serta melakukan olahraga secara teratur.

6. Lakukan pemeriksaan
Wanita usia 40 tahun ke atas disarankan untuk melakukan pemeriksaan payudara secara rutin. Pemeriksaan yang disebut mammogram tersebut juga sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter.

Mammogram adalah suatu pemeriksaan sinar x pada bagian dada wanita (payudara), yang dapat menunjukkan kanker payudara sejak dini, di saat kanker payudara belum terlihat dan belum dirasakan untuk dapat diobati atau diberikan therapi.

Selain mammogram, alangkah baiknya jika Anda memeriksa payudara sendiri di rumah setiap bulan. Bagaimanapun juga, mencegah lebih baik daripada mengobati.

loading...
Loading...
6 Cara Menjaga Kesehatan Payudara Wanita | lawas | 4.5