Loading...

6 Cara mencegah kulit keriput

Kekencangan kulit sejatinya bertahan sesuai masa hidup atau usia seseorang. Semakin seseorang tersebut memiliki usia senja maka kekencangan kulit akan semakin mengurang. Kita selalu melihat kulit orang tua yang sudah berumur tentu akan keriput dan mengendur. Tapi lain masalahnya jika kini kita masih dalam usia yang terbilang belum dalam kategori tua atau belum pantas jika memiliki kulit keriput layaknya mereka yang lansia, namun memiliki kulit yang keriput dan kusam khususnya di bagian wajah atau muka.

Hal itu terjadi biasanya karena ada beberapa kebiasaan yang menyebabkan kulit area wajah anda keriput. Sebaiknya anda ketahui kebiasaan apa yang selama ini anda laukan sehingga kulit anda keriput yang mampu menurunkan kemenarikan wajah atau muka anda. Berikut ini ada beberapa cara yang harus anda ketahui untuk mencegah agar kulit anda tidak keriput :

1. Biasakan Tidur Terlentang

Jika sebelumnya anda terbiasa tidur dengan posisi yang berbeda-beda, misal telungkup, hadap samping dan lain sebagainya, maka itu sebenarnya salah satu penyebab mengapa kulit wajah anda terdapat garis-garis yang lebih terkesan keriput. Penjelasannya begini, tidur dengan posisi menyamping atau telungkup, hal itu menimbulkan bekas garis-garis tidur di muka atau wajah anda, bekas tersebut tentu tidak akan hilang hingga pagi ketika anda bangun, dan jika hal itu terus berlanjut dan menjadi kebiasaan maka garis pada muka / wajah anda akan menjadi permanen dan menyebabkan wajah anda terlihat keriput dan kusam.

2. Perbanyak Konsumsi Ikan Salmon

Sudah dari sejak dulu hingga sekarang, ikan yang paling banyak mengandung asam omega-3 ini memiliki banyak manfaat untuk segala macam jenis kesehatan pada tubuh, termasuk untuk kulit. Asam lemak esensial yang terdapat pada ikan salmon dan telah dinyatakan oleh pakar kesehatan sebagai salah satu nutrisi penting untuk kulit anda, yang mampu mencegah terjadinya kulit kusam dan keriput, dengan kandungan itu kulit anda akan tetap terlihat muda dan bercahaya.

3. Kunsumsi Kakao / Cokelat

Bila anda terbiasa mengkonsumsi kopi setiap harinya, sebaiknya ganti dengan mengkonsumsi kakao atau cokelat. Kenapa demikian? Peneliti dan ilmuan bidang nutrisi telah menyatakan bahwa di dalam kakao yang merupakan bahan baku cokelat ini memiliki 2 jenis zat yang mampu memberikan nutrisi untuk kulit. Kandungan epicatchin dan catechin yang disinyalr sebagai zat antioksidan mampu melindingi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari, serta mampu memperbaiki sirkulasi sel-sel kulit pada wajah yang menjadikannya lebih lembut dan bercahaya.

4. Konsumsi Vitamin C

Tidak semua jenis vitamin C mampu mengatasi masalah pada kulit khususnya kulit wajah, hanya vitamin C dengan bentuk asam L-Askorbat saja yang mampu mengurangi kerutan dan keriputan pada wajah anda. Tapi bagaimana pun juga, Vitamin C jenis apapun memang berkhasiat untuk membantu memperbaiki kerusakan kulit yang ditimbulkan oleh sinar UVA dan UVB. Selain itu, vitamin C juga dapat merangsang produksi kolagen serta mampu mengatasi masalah pigmentasi dan peradangan pada kulit

5. Konsumsi Buah Yang Mengandung Asam AHA

Sama dengan vitamin C, asam AHA juga membantu merangsang produksi kolagen pada tubuh, sehingga dengan meningkatnya kolagen pada tubuh, maka kerusakan dan masalah kulit bisa diatasinya. Adapun kandungan asam AHA biasanya terdapat pada beberapa buah seperti, apel, anggur, nanas, lemon dan lain sebagainya.

6. Perbanyak Konsumsi Kedelai

Kandungan vitamin yang terdapat pada kedelai menyerupai kandungan yang terdapat pada protein ikan, ekstrak teh putih, tomat, serta biji anggur. Kandungan yang ada di dalamnya ini mampu melindungi anda dari penuaan kulit yang disebabkan oleh sinar matahari. Dengan demikian sebaiknya perbanyaklah mengkonsumsi tumbuhan jenis kacang-kacangan contohnya kedelai ini agarkulit anda terhindari dari berbagai masalah yang timbulkannya.

Di awal sebelumnya disebutkan, kemungkinan ada beberapa kebiasaan yang anda lakukan tanpa anda sadari ternyata hal-hal itu mempu merusak kulit dan bisa mengakibatkan kulit anda keriput. Untuk mengatasi hal itu sebaiknya anda konsumsi macam-macam jenis makanan dan nutrisi yang dibutuhkan untuk kulit seperti di atas yang telah dijelaskan.

loading...
Loading...
6 Cara mencegah kulit keriput | akbar | 4.5