Loading...

6 Cara Alami untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan Darah Tinggi atau HipertensiJika tidak segera diobati, tekanan darah tinggi atau yang biasa disebut dengan hipertensi bisa menyebabkan serangan jantung, gagal ginjal, stroke, cedera pada otak dan mata. Oleh karena itu maka hipertensi kerap juga disebut sebagai silent killer.

Dikatakan sebagai tekanan darah tinggi atau hipertensi apabila kondisi tekanan darah dalam arteri melebihi batas 140/90 mm Hg.

Adapun penyebab umum dari hipertensi misalnya gaya hidup, kegemukan, faktor genetik, konsumsi alkohol yang berlebihan, dan konsumsi Pil KB atau pil penghilang rasa sakit.

Sementara penyebab lain dari tekanan darah tinggi bisa juga karena pembuluh darah abnormal, penyakit ginjal, penyakit adrenal, eklampsia / pre-eklampsia pada wanita hamil, atau penyakit tiroid.

Berikut ini adalah bahan herbal alami untuk mengobati atau menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi yang bisa Anda coba.

1. Ramuan Obat Herbal
Campurkan 1 sdt madu dengan 1 sdt air jahe dan 1 sdt bubuk jinten. Ramuan ini baik diminum dua kali sehari untuk meredakan hipertensi.

2. Bawang Putih
Mengunyah satu siung bawang putih setiap pagi sangat dianjurkan untuk meredakan tekanan darah tinggi. Atau bisa juga bawang putih digerus kasar dan diencerkan sebelum dikonsumsi.

3. Minyak Ikan
Mengonsumsi minyak ikan juga bisa bermanfaat menurunkan tekanan darah. Minyak ikan mengandung DHA (docohexaenoic acid) dan EPA (eicosapentaenoic acid). DHA inilah zat terpenting yang mampu menurunkan tekanan darah.

4. Gandum
Mengonsumsi gandum sebagai makanan harian disarankan bagi penderita darah tinggi. Sumber karbohidrat kaya serat ini efektif menjaga kenormalan kadar gula darah dan kolesterol. Lalu, pastikan asupan serat, umumnya dari sayur dan buah, tidak tertinggal dalam menu harian Anda.

5. Kurangi Garam
Kurangi asupan garam. Jamak diketahui, penderita hipertensi wajib mengurangi makanan dengan rasa asin. Ya, kadar garam berlebih mengakibatkan tubuh tidak mampu menahan cukup air, sehingga meningkatkan volume darah.

Jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih, sodium bahkan memperpendek hidup. Menurut tinjauan studi oleh peneliti di University of Helsinki, ditemukan bahwa mengurangi asupan sodium sebesar 30 persen memperpanjang usia hidup hingga 7 tahun lebih lama.

Namun tidak mengkonsumsi garam juga tak baik bagi tubuh. Natrium tetap diperlukan agar tetap sehat. Karenanya, disarankan bagi penderita hipertensi menghindari makanan dengan garam berlebih, seperti dari makanan olahan.

6. Hindari Stres
Terakhir, hindarilah stres. Tekanan darah bakal cenderung naik karena ketegangan. Ketika menghadapi stres, terutama yang permanen dihadapi tiap hari, dari kantor misalnya, tubuh merespon dengan lonjakan adrenalin. Disarankan bagi penderita hipertensi untuk menanamkan pola pikir positif dan rutin berolahraga. Membersihkan rumah, salah satunya, juga terbukti efektif mengurangi stres.

loading...
Loading...
cara menurunkan tekanan darah tinggi pada ibu hamil, cara menurunkan darah tinggi pada ibu hamil, kb yang cocok untuk penderita darah tinggi, cara menurunkan tensi pada ibu hamil, cara alami menurunkan tekanan darah tinggi pada ibu hamil, obat hipertensi untuk ibu hamil, cara menurunkan darah tinggi saat hamil, cara menurunkan tensi saat hamil, buah penurun darah tinggi untuk ibu hamil, makanan penurun darah tinggi untuk ibu hamil, cara mengatasi hipertensi pada ibu hamil, cara menurunkan tensi darah tinggi pada ibu hamil, cara menurunkan tensi ibu hamil, buah untuk menurunkan darah tinggi pada ibu hamil, darah tinggi saat hamil muda, cara menurunkan tekanan darah tinggi semasa mengandung, obat darah tinggi untuk ibu hamil, cara menurunkan tensi darah saat hamil, cara mengatasi tensi tinggi pada ibu hamil, cara menurunkan tensi tinggi saat hamil, menurunkan tekanan darah tinggi pada ibu hamil

6 Cara Alami untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi | chsa | 4.5