Loading...

6 Aturan Wajib Saat Naik Pesawat yang Harus Dipatuhi Penumpang

Beda dengan saat kita naik angkutan umum seperti bus yang mana kita bisa bebas hilir mudik dan tidak jarang malah banyak penumpang yang karena tidak kebagian tempat duduk akhirnya harus berdiri bergelantungan ditengah yang seharusnya sebagai ruang untuk jalan, naik pesawat terbang punya aturan ketat yang harus dipatuhi oleh setiap penumpang. Aturan ini diberlakukan bukan hanya demi kenyamaan, namun juga bagi keselamatan seluruh penumpang, termasuk awak pesawat.

Peraturan Wajib untuk Penumpang Saat Naik Pesawat

Bila anda baru pertama kali ini akan naik pesawat, ada baiknya bila mengetahui apa saja aturan yang harus ditaati ketika di dalam pesawat selama perjalanan nanti. Dikutip dari laman magforwomen.com, berikut ini merupakan beberapa aturan yang sebaiknya dipatuhi para penumpang demi keselamatan bersama :

1. Mematikan alat elektronik
Peralatan elektronik terutama yang memancarkan sinyal dapat mengganggu peralatan navigasi pesawat. Karena itu sebelum pesawat lepas landas, biasanya akan ada informasi dari radio dalam pesawat yang meminta kepada seluruh penumpang agar mematikan peralatan elektronik seperti handphone dan lainnya.

2. Menjaga ketenangan
Setiap penampang dilarang mengeluarkan suara keras atau berisik ketika tengah di pesawat. Hal ini tentunya adalah untuk menjaga ketenangan agar tidak mengganggu penumpang lainnya. Karena tidak sedikit penumpang yang mengalami ketegangan terutama saat pesawat take off maupun landing.

3. Mengikuti petunjuk
Demi kelancaran selama penerbangan berlangsung, maka semua penumpang diwajibkan untuk mengikuti semua arahan atau petunjuk yang sudah disediakan oleh maskapai penerbangan.

4. Mintalah anak-anak untuk menjaga ketenangan
Tidak hanya penumpang dewasa yang diharuskan untuk tenang, namun juga anak-anak. Saat anda bepergian dengan membawa serta anak-anak, maka berikan penjelasan pada mereka untuk tetap menjaga ketenangan selama berada dalam pesawat. Bila membawa bayi, usahakan bayi dalam kondisi tidur saat tengah di pesawat.

5. Jangan memadati lorong
Jarak lorong kabin begitu sempit, bahkan sekedar untuk bersimpangan dua orang. Karena itu, jika memang tidak diperlukan, jangan memadati lorong dengan terus berdiri atau hilir mudik. Tetaplah duduk manis pada kursi hingga anda dipersilahkan untuk berdiri mengambil barang bawaan.

6. Jangan memakan tempat
Ruang atau kursi pada pesawat kelas ekonomi biasanya akan lebih kecil dari kelas bisnis. Karena itu anda harus berusaha untuk tidak memakan tempat orang lain. Pakailah ruang atau milik anda sendiri.

loading...
Loading...
6 Aturan Wajib Saat Naik Pesawat yang Harus Dipatuhi Penumpang | akbar | 4.5