Loading...

5 Tips untuk meredakan radang tenggorokan

Radang tenggorokan biasanya disebabkan oleh masuknya virus dan bakteri yang menyebabkan infeksi di sekitar tenggorokan. Selain itu, daya tahan tubuh yang melemah juga menjadi salah satu penyebabnya. Aktivitas yang melibatkan organ mulut seperti makan, minum dan berbicara pun akan terganggu akibat radang.

Untuk mengatasi rasa sakit akibat radang tenggorokan, cobalah beberapa tips berikut yang lebih alami dan praktis.

1. Minum air putih
Sering-seringlah minum air putih untuk meredakan radang di tenggorokan anda. Air putih memang dipercaya sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Sebaiknya hindari penambahan es batu agar tidak memperparah radang.

2. Mengkonsumsi madu
Campurkan satu sendok makan madu pada segelas air hangat kemudian diminum sampai habis. Cara ini berkhasiat untuk meredakan radang tenggorokan jika dilakukan secara rutin. Namun, pastikan terlebih dahulu jika madu yang anda konsumsi adalah madu murni.

3. Berkumur air garam
Garam memiliki khasiat untuk membunuh bakteri penyebab radang. Caranya dengan berkumur dengan segelas air hangat yang telah dicampurkan ½ sendok makan garam. Lakukan secara rutin sehari satu kali sampai rasa sakt itu mereda.

4. Mengemut permen mint
Saat ini banyak bermunculan permen yang dapat melegakan tenggorokan. Umumnya terbuat dari daun mint yang dikenal berkhasiat untuk meredakan radang. Mengemut permen mint akan menjadi pilihan praktis, namun jangan terlalu sering karena permen juga mengandung glukosa yang dapat meningkatkan gula darah.

5. Istirahat cukup
Jangan lupa untuk isitirahat cukup. Radang tenggorokan dapat terjadi akibat daya tahan tubuh yang melemah. Beristirahatlah sejenak dari segala kegiatan dan hindari rutinitas yang dapat menekan pita suara agar rasa sakit di bagian leher itu cepat mereda.

loading...
Loading...
5 Tips untuk meredakan radang tenggorokan | akbar | 4.5