Loading...

5 Tips merawat rambut kering

Rambut yang kering, kasar, bercabang dan mengembang menjadi masalah yang sering dialami oleh wanita. Beragam carapun dilakukan untuk mengatasi problema tersebut, mulai dari creambath sampai menggunakan shampo dan kondisioner yang tepat. Sebenarnya ada cara merawat rambut kering yang lebih alami dan sehat ketimbang memakai banyak produk perawatan rambut yang jika digunakan dalam jangka waktu panjang akan memberikan efek samping pada mahkota di kepala anda. Untuk mengatasi masalah pada rambut tersebut, cobalah beberapa tips berikut.

Jangan sering keramas

Rambut memproduksi minyak alami di kulit kepala yang berasal dari akar rambut. Dengan keramas setiap hari tentunya akan mengurangi produksi minyak tersebut dan menghambat penyebaran nutrisi ke seluruh bagian kepala anda. Usahakan untuk keramas minimal 3 hari sekali karena jika terlalu sering rambut akan menjadi cepat kering.

Gunakan bahan alami

Saat creambath atau keramas, sebaiknya perhatikan obat pembersih rambut tersebut. Usahakan untuk menggunakan obat rambut yang terbuat dari bahan-bahan herbal seperti madu dan lidah buaya. Obat rambut yang terbuat dari bahan kimia, jika tidak cocok akan membuat rambut anda menjadi semakin kering bahkan berminyak.

Gunakan sisir yang tepat

Jangan menggunakan sisir dengan gigi sisir yang terlalu rapat, hindari juga sisir terlalu tajam dan menusuk kulit kepala. Gigi sisir yang terlalu rapat hanya membuatnya terlihat rapi sementara dan akan mengembang kembali dalam waktu yang singkat. Gunakan sisir dengan bagian gigi yang renggang dan terbuat dari bahan yang empuk sehingga tidak melukai rambut dan kulit kepala.

Jangan mencatok rambut

Sering mencatok rambut juga akan membuat mahkota kepala anda menjadi kering bercabang dan mengembang. Panas dari mesin pencatok rambut akan mematikan sel-sel pada rambut anda sehingga terlihat kering dan kusam. Hal yang sama juga berlaku jika anda terlalu sering me-rebounding atau meluruskan rambut di salon.

Gerai rambut anda

Tidur dengan rambut diikat, dikepang atau dikuncir sangat tidak dianjurkan dalam cara merawat rambut kering dan mengembang. Saat tertidur pulas, sebaiknya geraikan rambut anda agar tidak semakin kusut dan mengembang. Biarkanlah rambut anda acak-acakan saat terbangun karena rambut yang tergerai keluar lebih sehat ketimbang rambut yang terlalu kaku dan tertata rapi.

loading...
Loading...
5 Tips merawat rambut kering | akbar | 4.5