Loading...

5 Tips hemat saat berlibur

Berlibur untuk sekedar refreshing memang diperlukan untuk melepas kepenatan dan rasa jenuh menjalani rutinitas. Namun banyak juga orang yang memutuskan untuk tidak berlibur dan stay di rumah atau jalan-jalan di lingkungan sekitar saja karena tidak ingin menghabiskan banyak uang.

Sebenarnya liburan bisa dilakukan dengan sehemat mungkin, bukan berarti anda harus pelit namun membatasi biaya liburan sesuai dengan bajet yang ditentukan. Berikut ini adalah 5 tips liburan hemat yang bisa anda coba.

1. Cari yang dekat

Tak harus berlibur ke luar negeri, cobalah wisata-wisata lokal yang lokasinya tidak teralu jauh. Dengan begitu biaya transportasi juga bisa lebih ditekan. Baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, dengan memilih destinasi wisata yang dekat maka liburan yang hemat bukanlah hal mustahil.

2. Penginapan murah

Jangan tergiur untuk tidur di hotel berbintang. Losmen, mansion atau homestay bisa anda pilih sebagai tempat menginap. Selain itu ada juga beberapa hotel murah yang hanya memberikan fasilitas secukupnya saja bagi anda yang memang hanya ingin mencari tempat bermalam dengan harga terjangkau.

3. Wisata gratis

Bila tak ingin berkunjung ke tempat wisata dimana anda harus membayar tiket masuk dengan harga yang cukup mahal, cobalah wisata gratis seperti berkunjung ke pantai, ke taman kota atau menikmati festival yang sedang berlangsung. Wisata gratis semacam ini mudah ditemukan dan cukup bermodakan sebotol air mineral saja.

4. Biaya konsumsi

Sesekali anda bisa makan di tempat yang cukup mewah, namun cobalah untuk menekan biaya konsumsi dengan menikmati makanan lokal atau jajanan pasar dengan harga kaki lima. Jangan lupa bahwa street food adalah daya tarik suatu tempat wisata, karena itu nikmatilah beragam kudapan dan makanan khasnya yang lezat termasuk di kuliner kaki lima.

5. Oleh-oleh

Mungkin anda hobi shopping, namun sebaiknya jangan terlalu menghabiskan uang untuk belanja atau membeli oleh-oleh dalam jumlah yang cukup banyak. Belilah oleh-oleh secukupnya saja dan juga cinderamata yang unik dan khas dari destinasi wisata tersebut. Buat bajet khusus untuk membeli oleh-oleh dan buah tangan dan usahakan agar tidak melebihi anggaran.

Cobalah ke-5 tips diatas untuk mendapatkan pengalaman berlibur yang berkesan namun tidak mengeluarkan banyak biaya. Selamat berlibur.

loading...
Loading...
5 Tips hemat saat berlibur | akbar | 4.5