Loading...

5 Tips cara merawat tanaman di rumah

Tanaman dan pohon yang ditanam di sekeliling rumah memang membuat suasana menjadi asri dan nyaman. Sayangnya lahan yang semakin sempit membuat banyak orang berpikir ulang sebelum menanam pohonn atau membuat taman di rumah. Padahal, tanaman sangat ampuh untuk memberi kesejukan, menjaga kebersihan udara serta memperindah ruangan.

Anda yang memiliki ruangan sempit pun bisa mensiasatinya dengan menanam tanaman dalam pot kecil, tanaman gantung, tanaman merambat atau vertical garden. Agar tanaman tetap cantik dan bermanfaat, lakukanlah perawatan dengan cara-cara berikut:

  1. Siram tanaman secara teratur. Buat lubang yang cukup pada bagian bawah pot dan pastikan agar akar tanaman tidak menjadi busuk. Menyiram tanaman di pagi hari tentu bermanfaat untuk membuat tanaman tetap segar dan hijau.
  2. Bersihkan beberapa bagian tanaman secara berkala. Daun atau ranting yang sudah mati sebaiknya dipatahkan dan dibuang. Selain itu kebersihan media penanaman seperti pot juga harus diperhatikan. Pot yang terlalu lembab atau berisi air akan menjadi sarang serangga pengganggu seperti nyamuk.
  3. Letakkan tanaman di bawah paparan sinar matahari. Penting juga untuk memindahan tanaman dari satu tempat ke tempat lain secara berkala. Jangan lupa untuk memperhatikan jenis tanaman yang memerlukan terpaan sinar matahari langsung dan yang tidak.
  4. Jangan meletakkan tanaman di dekat sumber panas yang dihasilkan dari peralatan elektronik maupun peralatan dapur. Selain mempengaruhi tanaman, percikan api juga dapat membakar tanaman dan berbahaya bagi keamanan rumah.
  5. Pastikan ruangan memiliki ventilasi udara yang cukup. Udara yang terlalu kering, lembab dan pengap akan mengurangi kesegaran tanaman. Selain air dan sinar matahari, tanaman juga memerlukan udara agar tetap hidup dan memberi kesejukkan.

Itulah beberapa informasi mengenai tips cara merawat tanaman di rumah. Semoga dapat memberikan manfaat untuk anda.

loading...
Loading...
5 Tips cara merawat tanaman di rumah | akbar | 4.5