Loading...

5 Tips Cara Merawat Rambut untuk Wanita Berhijab

Ketika wanita memutuskan untuk memakai hijab, seringkali akan muncul beberapa masalah terkait dengan masalah rambut. Melakukan perawatan rambut untuk wanita yang berhijab memang sedikit berbeda dengan yang tidak berhijab.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan wanita berhijab terhadap rambutnya agar tetap sehat :

1. Jangan memakai hijab saat rambut masih lembap
Sebelum memakai hijab, pastikan rambut anda sudah kering. Memakai hijab ketika rambut masih lembab bisa mengundang jamur dan bakteri sehingga akan menyebabkan bau yang tidak sedap dan bahkan juga bisa menyebabkan munculnya ketombe.

2. Kurangi konsumsi makanan berlemak
Mengonsumsi makanan berlemak secara berlebihan bisa mengakibatkan produksi minyak di kulit kepala yang berlebihan. Pada akhirnya, ini akan mengakibatkan kulit kepala terasa tidak nyaman dan rambut lepek, akibatnya muncul rasa gatal di rambut. Ketika rambut terus digaruk karena gatal, hal itu akan menimbulkan gesekan di kulit kepala dan muncul iritasi yang bisa berlanjut pada ruam dan kulit yang mengelupas.

3. Harus rajin keramas
Jika Anda berpikir bahwa wanita yang berhijab tak perlu terlalu sering keramas, itu salah. Justru karena Anda berhijab, maka kulit kepala Anda jadi cepat lembap. Karena itu, keramaslah setiap hari. Pakailah shampo yang bisa memberi lapisan pelindung di batang rambut sehingga rambut Anda tidak cepat keropos dan rapuh, dan pada akhirnya menyebabkan mudah patah.

Keratin adalah salah satu kandungan di shampo yang tidak hanya menutrisi, tapi juga akan memberikan perlindungan yang ekstra terhadap kelembapan, terik matahari, dan juga gesekan akibat penataan rambut. Jadi, pilihlah shampo yang mengandung keratin.

4. Gunakan hijab yang sesuai
Apabila Anda memiliki aktivitas cukup berat, dan juga butuh keluar masuk ruangan ber AC dan terik matahari, maka sebaiknya Anda pilih jilbab dari katun. Sesekali Anda boleh saja memakai jilbab bertumpuk, dan agak mewah dengan payet dan kain satin, tapi sebaiknya gunakan tidak lebih dari 4 jam.

Apabila Anda memaksa untuk sering melakukannya dan dalam waktu yang cukup lama, maka suhu rambut Anda akan naik dan rambut akan cepat lepek. Hal ini tentunya akan menyebabkan masalah pada kulit kepala, berakibat rambut rapuh dan juga gampang rontok.

5. Hindari karet gelang plastik untuk menguncir atau jepitan dari bahan besi
Memakai karet gelang pasar atau elastik dari bahan plastik, atau jepitan dari bahan besi bisa menyebabkan kerusakan pada rambut. Akibat dari gesekan rambut dengan dua benda ini sangat mudah membuat rambut rontok. Karena itu, hati-hatilah juga dalam mengikat rambut.

Apabila rambut diikat terlalu kencang, selain membuat rambut pusing, juga akan menyebabkan kerusakan rambut lebih cepat. Apabila Anda ingin menggelung rambut, gelunglah rambut Anda dengan longgar menggunakan ikat rambut empuk dan yang terbuat dari bahan elastik yang berkualitas atau jepitan dari bahan resin.

loading...
Loading...
5 Tips Cara Merawat Rambut untuk Wanita Berhijab | akbar | 4.5