Loading...

5 Tips cara menjaga kesehatan organ vital

Organ vital memang memiliki banyak fungsi dan manfaat untuk kesehatan. Seain sebagai saluran urin, organ vital jua menjadi alat untuk bereproduksi. Selain itu, kesehatan organ vital pun juga harus diperhatikan. Terkadang banyak pria atau wanita yang merasakan gatal di sekitar selangkangannya. Hal ini bisa diakibatkan karena adanya infeksi jamur atau dermatitis. Kesehatan organ vital bagi kaum pria juga harus diperhatikan agar kualitas sperma tetap terjaga.

Bagaimana cara menjaga kesehatan organ vital? Simak ulasan berikut.

1. Hindari celana ketat
Celana yang terlalu ketat dapat menghambat sirkulasi udara di sekitar selangkangan sehingga membuatnya gerah dan berkeringat. Penggunaan celana ketat juga dapat membuat daerah di sekitar selangkangan menjadi lembab.

2. Perhatiakan bahan celana
Selain menghindari celana yang terlalu ketat, memakai celana dengan bahan yang panas dan tidak menyerap keringat seperti jeans juga rentan terhadap infeksi dan alergi. Pilihlah celana dengan bahan yang nyaman, tidak terlalu panas dan menyerap keringat.

3. Gunakan celana dalam katun
Celana dalam berbahan katun dapat menyerap keringat sehingga meminimalisir infeksi jamur yang diakibatkan oleh keringat berlebih. Selain itu, menggunakan celana dalam bermodel boxer juga lebih disarankan karena tidak membuat gerah selangkangan.

4. Bersihkan saat mandi
Untuk menghilangkan bakteri penyebab gatal dan infeksi, basuhlah organ vital saat mandi. Sebaiknya gunakan produk non-kimiawi untuk membersihkannya. Penggunaan bahan kimia dan sabun yang wangi justru dapat menyebabkan iritasi.

5. Rutin bercukur
Agar organ vital tetap bersih dan kering, rutinlah mencukur bulu di daerah organ intim. Bulu yang terlalu kasar dan lebat dapat menjadi sarang kutu yang menyebabkan rasa gatal. Namun sebaiknya jangan mencukurnya sampai botak, asalkan tidak semrawut saja.

loading...
Loading...
5 Tips cara menjaga kesehatan organ vital | akbar | 4.5