Loading...

5 Tips Agar Stamina Tak Kendur Saat Harus Lembur Kerja

Dalam sebuah pekerjaan, terkadang kita harus melakukan lembur kerja. Penyebabnya karena memang pekerjaan yang menumpuk dan harus segera diselesaikan atau memang sedang mengejar tambahan gaji.
Kerja lembur artinya Anda akan bekerja melebihi waktu normal saat Anda bekerja biasanya sehari-hari. Bekerja di jam normal dengan saat lembur pastilah berbeda. Saat memasuki jam lembur, kondisi fisik pastinya sudah menurun karena sudah dikuras sejak pagi hingga sore.

Jika tidak hati-hati, sering bekerja lembur akan bisa mengganggu kesehatan tubuh. Untuk itulah, sangat penting kiranya menjaga stamina tubuh agar tak kendur saat harus lembur.

Berikut beberapa tips untuk menjaga agar stamina tak kendur saat harus kerja lembur:

1. Ambil jeda
Kerja lembur, bukan berarti Anda harus selalu duduk di meja kerja dari pagi hingga malam tanpa henti. Bila Anda sudah merencanakan akan kerja lembur, sebaiknya Anda mengambil sedikit waktu luang di sore hari ketika jam kerja normal usai untuk beristirahat sejenak.

Ngobrol bersama teman kerja, atau tidur selama beberapa menit akan memberi kesempatan tubuh untuk melakukan penyegaran. Dengan tidur atau istirahat sejenak, tubuh akan kembali segar. Dan Anda pun siap untuk kerja lembur.

2. Makan dan minum
Saat lembur, tubuh membutuhkan ekstra asupan makanan. Makanlah makanan bergizi dan banyak meminum air putih untuk mencegah dehidrasi. Menyelingi bekerja dengan ngemil juga akan membuat Anda bisa terjaga hingga malam. Pilihlah cemilan yang sehat seperti buah-buahan. Saat makan malam, usahakan tidak terlalu banyak menyantap makanan yang mengandung karbohidrat dan gula, karena hanya akan membuat Anda mengantuk.

3. Rileks
Selesaikan pekerjaan dengan rileks, tenang, dan tidak terburu-buru. Bekerja dengan tenang juga akan meminimalkan kesalahan. Jika otot-otot sudah mulai terasa tegang, istirahatlah sejenak. Alihkan perhatian dari layar komputer. Lakukan peregangan, minum air, atau berjalan-jalan sejenak agar otot kembali kendur.

4. Dengarkan musik
Mendengarkan musik favorit akan memberikan suasana rileks dan menyenangkan. Namun perlu Anda ingat, usahakan agar volume musik Anda tidak mengganggu orang lain. Anda bisa menggunakan earphone atau headset ketika mendengarkan musik agar tidak mengganggu orang lain. Anda juga bisa bekerja sambil bersenandung sehingga tidak cepat bosan dan mengantuk. Tapi ya itu, jangan bernyanyi keras-keras seperti di kamar mandi.

5. Cari hiburan
Ketika Anda sudah mulai merasa penat, carilah hiburan untuk meredakan rasa penat. Nonton video lucu, membaca bacaan atau cerita yang ringan dan lucu di internet, atau bercanda dengan rekan-rekan di kantor bisa jadi cara untuk menghibur diri guna menghilangkan rasa penat.

loading...
Loading...
5 Tips Agar Stamina Tak Kendur Saat Harus Lembur Kerja | lawas | 4.5