Loading...

5 Tips Agar Anak Mau Makan Sayur

Anak-anak memang biasanya susah untuk disuruh makan sayur. Padahal, dengan makan sayur kebutuhan gizi anak bisa terpenuhi. Nah, bagaimana cara mengajarkan anak agar anak suka makan sayur?

Sebenarnya tidak hanya anak kecil saja yang tidak suka makan sayur, orang dewasa pun terkadang memilih-milih jenis sayur tertentu untuk dimakan. Namun setelah menyadari pentingnya sayuran dalam menu harian, maka berangsur-angsur mau makan sayur yang sebelumnya tidak disukai tersebut.

Mengajarkan anak agar mau makan sayur memang sulit, namun bukan berarti tidak bisa, kita bisa mensiasati agar anak mau makan sayur. Seperti yang dilansir laman Healthmeup, berikut beberapa tips yang bisa anda jadikan referensi agar anak mau dan suka makan sayur.

1. Haluskan sayuran

Menghaluskan sayuran bisa jadi cara yang anda coba untuk memasukkan sayuran ke dalam makanan anak. Kenapa? Karena ketika anak tidak menyukai sayuran, maka bila dia melihat ada sayuran dalam makanannya, maka dia akan menyingkirkan makanan-makanan yang tidak disukainya, termasuk juga sayur. Jadi, saat anda membuat makanan seperti lasagna, cobalah untuk menumis sayuran sampai lunak dan kemudian menghaluskan sayuran tersebut sebelum anda menambahkannya ke lasagna. Dengan menerapkan tips ini, maka anak-anak anda tidak akan melihat sayuran dan tidak akan menemukan potongan-potongan sayuran kecil dalam mulut mereka. Anak pun akan dengan senang hati melahap makanan tersebut tanpa sisa.

2. Selipkan sayuran di makanan favoritnya

Untuk membuat anak suka makan sayur memang butuh kerja keras dari ibu. Salah satu cara agar anak mau makan sayur adalah dengan memotong-motong menjadi irisan tipis untuk kemudian menambahkannya ke menu favorit anak, misalnya pizza. Jadi ketika anda membuat pizza, tambahkan irisan-irisan kecil dari sayuran pada dasar pizza sebelum anda tambahkan keju. Dengan cara ini akan tidak akan tahu kalau ada sayuran dalam pizza favoritnya, anak pun akan tetap melahap pizza favoritnya beserta sayuran yang ada di dalamnya.

3. Libatkanlah mereka

Ketika anak benar-benar tidak menyukai segala jenis sayuran, mungkin anda bisa mengajak anak berbelanja sayuran di toko atau pasar dan mintalah pada anak untuk membantu memilihkan sayuran. Kemudian ketika anda akan memasak, ajak anak untuk ikut membantu memasak sayuran yang tadi dipilih oleh anak. Cara ini akan membuat anak menjadi lebih tertarik untuk mencoba sayuran yang tadi sudah dipilih dan ikutan memasak. Anak juga akan merasa bangga dan antusias dengan makanan ciptaan sendiri dan termotivasi untuk coba memakannya.

4. Aturan satu gigitan

Menerapkan teknik satu gigitan untuk memperkenalkan sayuran bisa anda coba. Bila anak tidak mau makan sayur, cobalah untuk meminta anak menggigit dan memakannya satu kali saja. Terus lakukan cara ini ketika menyuapi anak. Dengan kebiasaan mencoba mencicipi sayuran seperti ini, maka bukan hal yang mustahil bila lama kelamaan anak akan mau makan sayur.

5. Sistem reward

Cara lain untuk membuat ketertarikan anak pada sayuran adalah dengan memberikan hadiah sesekali bila anak mau menghabiskan sayuran mereka. Hadiah bisa berupa makanan penutup favoritnya atau tambahan satu jam untuk main vido game. Namun perlu diingat, jangan anda menjadikan sistem reward ini sebagai sebuah kebiasaa. Lakukan cara ini hanya sebagai awal untuk mengajarkan dan memperkenalkan anak pada sayuran sehingga mereka mau dan menyukai makan sayuran.

loading...
Loading...
manfaat sayur arnong, bahaya rebung, sayur rambusa, manfaat sayur lodeh, muviza games

5 Tips Agar Anak Mau Makan Sayur | akbar | 4.5