Loading...

5 Penyebab sakit pada telapak kaki dan cara mengobatinya

Bagian bawah kaki atau telapak kaki adalah bagian tubuh yang terkontak langsung dengan tempat berpijak. Terkadang rasa sakit dan nyeri atau kaku menghinggap sehingga menyebabkan telapak kaki menjadi kesemuatan atau kram. Namun jika rasa sakit tersebut berlangsung lama, sebaiknya harus cepat diobati agar tidak menjadi masalah serius. Sebelum mengobatinya, ada baiknya anda mencaritahu terlebih dahulu penyebab rasa sakit pada telapak kaki sehingga anda bisa melakukan tindak pencegahan yang tepat.

Berkut ini adalah penyebab rasa sakit di telapak kaki dan juga cara mengobatinya.

Terlalu aktif

Kegiatan dan aktivitas tubuh yang intens adalah penyebab utama rasa sakit pada telapak kaki. Berjalan cepat, berlari-lari atau naik turun tangga dengan terburu-buru akan memberikan tekanan lebih pada bagian tumit yang bisa membuat kaki menjadi kaku, kram atau keseleo. Untuk meredakan rasa sakit tersebut, beristirahatlah dan lakukan peregangan sesekali.

Alas kaki

High heels adalah penyebab rasa kaku dan kesemutan pada telapak kaki jika digunakan dalam waktu yang cukup lama. Alas kaki yang terlalu keras, terlalu longgar atau tanpa lekukan juga akan membuat kaki anda menjadi sulit untuk bergerak. Jangan lupa untuk menjulurkan kaki anda agar peredaran darahnya lancar kembali setelah menggunakan alas kaki tersebut.

Berat badan berlebihan

Bobot tubuh berlebih (overweight) dapat merusak jaringan lemak di bagian bawah tumit sehingga akan menyulitkan anda untuk berjalan bahkan berdiri. Mengurangi berat badan memang dianjurkan, namun sebaiknya gunakan juga alas kaki yang empuk dan nyaman digunakan untuk meredakan rasa sakit di bagian bawah kaki tersebut.

Masa kehamilan

Wanita yang sedang hamil tentu akan mengalami pembengkakan pada bagian kakinya sehingga menimbulkan rasa sakit ketika berjalan. Jangan gunakan sendal jepit atau alas kaki yang berukuran lebih kecil. Sebaiknya gunakan sendal selop atau alas kaki lainnya dengan ukuran yang lebih longgar dan nyaman digunakan.

Usia

Usia memang menjadi alasan mengapa anda akan mengalami berbagai macam rasa sakit di bagian tubuh, termasuk telapak kaki. Proses penuaan akan membuat lekuk di telapak kaki menjadi datar dan juga memberikan rasa nyeri di bagian bawah tubuh anda. Untuk mengurangi rasa sakit, rendamlah kaki anda pada sebaskom air hangat.

Itulah 5 faktor umum penyebab rasa sakit di telapak kaki dan juga cara mengobatinya. Jangan biarkan rasa sakit mengganggu aktivitas dan keseharian anda. Dengan cara yang tepat, maka kaki anda akan normal kembali.

loading...
Loading...
kaki kacer bengkak dan kaku, foto kaki luka kecelakaan, gambar luka kecelakaan, telapak kaki sakit, penyebab telapak kaki sakit, luka kecelakaan di kaki, gambar kaki bengkak, foto kaki bengkak, sakit telapak kaki, sakit di telapak kaki, dp bbm kaki keseleo, foto luka kecelakaan di kaki, cara menghilangkan bopeng di telapak kaki, nyeri telapak kaki, foto luka kaki, telapak kaki sakit saat berjalan, kaki kacer sakit sebelah, telapak kaki nyeri, telapak kaki diperban, sakit pada telapak kaki, telapak kaki, nyeri di telapak kaki, nyeri pada telapak kaki, telapak kaki kaku, gambar kaki sakit, sakit tapak kaki, telapak kaki kaku dan nyeri, kaki luka, sakit ditelapak kaki, telapak kaki terasa sakit

5 Penyebab sakit pada telapak kaki dan cara mengobatinya | akbar | 4.5